Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Direktur Human Capital PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Herdy Harman.

Direktur Human Capital PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Herdy Harman.

PASTIKAN TAK AKAN ADA PHK

BRI akan Lanjutkan Budaya Baru Work from Home

Kamis, 9 Juli 2020 | 09:21 WIB
Nasori

JAKARTA, investor.id – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk akan melanjutkan budaya bekerja dari rumah atau work from home yang telah diterapkan selama merebaknya Covid-19, meski pandemi ini nanti berakhir. Budaya baru ini dinilai sejalan proses transformasi sumber daya manusia (SDM) yang tengah gencar dilakukan oleh perseroan.

“Budaya baru work from home (WFH) akan kami lanjutkan. ‘Mr Covid’ (pandemi Covid-19) ini memang telah menjadi transformator terbaik dalam pengembangan SDM Tanah Air, termasuk di industri perbankan. Ini memang blessing in disguise,” ujar Direktur Human Capital BRI Herdy Harman dalam perbincangan dengan sejumlah media di Jakarta, Rabu (8/7).

Ia menambahkan, sebagai alternatif WFH perusahaan juga akan mengembangkan pola kerja berbasis klaster dengan menyiapkan fasilitas di suatu wilayah yang bisa diakses dan dimanfaatkan karyawan di wilayah tersebut dalam menunjang pekerjaannya. Sehingga, nantinya hanya beberapa orang saja yang perlu tetap berada di kantor.

“Banyak juga aplikasi yang akan membantu kerja dari jarak jauh ini. Tak hanya memfasilitasi karyawan-karyawan untuk dapat bekerja di mana saja, langkah ini juga akan membantu perseroan untuk dapat meningkatkan efisiensi operasional ke depan,” jelas Herdy yang belum genap setahun menduduki posisinya tersebut.

Menurut dia, lebih lengkap dan detail mengenai tata cara dan mekanisme kebijakan penerapan WFH selanjutnya tersebut kini tengah disiapkan oleh manajemen dan akan dituangkan dalam sebuah aplikasi digital. “Pemanfaatan teknologi digital akan lebih kami intensifkan. Di sini, BRI akan menjadi the most advanced,” ucap Herdy.

Meski transformasi SDM dan pemanfaatan teknologi digital intensif dilakukan, ia menjamin, pemutusan hubungan kerja (PHK) atau layoff tidak akan dilakukan oleh bank pencetak laba terbesar di Indonesia itu. “Bahkan, saat banyak perusahaan melakukan layoff karena pandemi Covid-19, kami tidak melakukan. Tidak ada layoff di BRI dan tidak akan pernah ada,” tandas Herdy.

Menurut Herdy, pengurangan karyawan akan dilakukan secara alamiah, yaitu dari sekitar 1.000 karyawan yang pensiun per tahun, BRI hanya akan merekrut karyawan baru sekitar 30%-nya. “Rekrutmen tetap kami lakukan untuk menjamin terjadinya regenerasi,” ucap pria yang sebelumnya adalah chief human capital officer (CHCO) Telkom Group tersebut.

Terhadap karyawan yang pekerjaannya tidak lagi relevan karena dilakukannya transformasi dan pemanfaatan teknologi digital, Herdy melanjutkan, yang bersangkutan akan dialihkan ke sejumlah pekerjaan yang masih relevan. “Di antaranya dialihkan menjadi mantri yang bertugas untuk mengedukasi nasabah, terutama nasabah mikro,” jelas dia.

 

Talenta Aktif

Terkait dengan perekrutan, Herdy mengungkapkan, BRI akan mulai mengembangkan pola perekrutan yang menyasar personal talenta-talenta yang aktif. Mereka adalah yang tak hanya cerdas secara akademis tetapi juga aktif berinovasi terutama dalam hal lingkungan. “Kami akan mencari pribadi-pribadi yang gelisah saat melihat ketidakberesan di lingkungannya,” turtur dia.

Pola ini di antaranya akan dilakukan melalui analisis personal secara mendalam termasuk melihat latar belakang kandidat dari setiap aktivitasnya seperti di media sosial. "Guna mempertahankan talenta-talenta terbaik tersebut, kami pun akan mempersiapkan berbagai program pengembangan yang akan membuat mereka tetap mau aktif berkontribusi di BRI," ujar dia.

Editor : Nasori (nasori@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN