Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Beras di gudang. Foto ilustrasi: IST

Beras di gudang. Foto ilustrasi: IST

Bulog Salurkan Cadangan Beras untuk Jayapura

Damiana Simanjuntak, Minggu, 24 Maret 2019 | 01:06 WIB

JAKARTA – Perum Bulog menyalurkan 15 ribu ton cadangan beras pemerintah (CBP) bencana alam untuk korban terdampak bencana banjir Jayapura. BUMN itu telah menyiapkan CBP sebanyak 100 ton untuk Kabupaten Jayapura untuk memenuhi kebutuhan tanggap darurat.

Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Bulog Tri Wahyudi Saleh mengatakan, Bulog juga memastikan kondisi gudang di daerah Jayapura dan sekitarnya dalam kondisi aman. Pengecekan gudang dilakukan untuk memastikan agar beras yang tersimpan tetap aman dari banjir.

“Jika ada gudang yang berada di area rawan banjir maka dilakukan pemindahan ke gudang yang lain. Bulog siap menyalurkan CBP bencana alam kapan pun dan di mana pun dibutuhkan. Telah disiapkan CBP minimal 200 ton untuk setiap provinsi dan 100 ton untuk setiap kabupaten/ kota untuk memenuhi kebutuhan tanggap darurat, seperti bencana alam dan rawan pangan,” kata Tri di Jakarta, kemarin.

Saat ini, stok beras CBP yang tersedia di Bulog Papua dan Papua Barat sekitar 32 ribu ton. Stok dipastikan aman untuk ketahanan stok beberapa bulan ke depan, sehingga tidak perlu ada kekhawatiran masyarakat dan pemerintah daerah. Beras tersebut siap disalurkan sebagai bantuan bagi masyarakat yang wilayahnya terkena dampak banjir.

“Beras itu tersimpan di seluruh gudang Bulog wilayah Papua dan Papua Barat, sehingga kapan pun dan berapa pun pemerintah daerah meminta beras CBP untuk situasi tanggap darurat dan rawan pangan, kami siap layani,” kata Tri.

Stok beras Bulog secara nasional lebih dari 1,8 Juta ton dan tersebar di gudang-gudang Bulog di seluruh Indonesia. Bulog siap menyalurkan stok tersebut bila sewaktu-waktu dibutuhkan pemerintah, baik untuk bencana alam maupun untuk stabilisasi harga pangan khususnya beras. “Dengan stok yang cukup besar, artinya Bulog siap menjaga 3 pilar ketahanan pangan nasional yakni Pilar Ketersediaan, Keterjangkauan, dan Stabilisasi,” kata Tri.

Selain menyerahkan bantuan berupa CBP, Bulog melalui program Bulog Peduli bersama Sekar Bulog Papua dan Papua Barat, PT Jasa Prima Logistik Bulog cabang Papua dan Papua Barat, serta Kopel Divre Papua dan Papua Barat, telah menyalurkan bantuan tahap pertama senilai Rp 44 juta. Bantuan tersebut berupa kebutuhan sandang dan pangan dan bantuan tahap kedua dari dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) Bulog dengan nilai Rp 100 juta kepada korban terdampak banjir bandang di Jayapura, Papua. (*)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA