Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar

BISA MENDIRIKAN PT

BUMDes Beralih Status Jadi Badan Hukum

Minggu, 22 November 2020 | 19:58 WIB
Triyan Pangastuti

JAKARTA, investor.id  – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengungkapkan, status BUMDes saat ini sudah resmi ditetapkan menjadi badan hukum, sehingga ke depan BUMDes bisa mendirikan PT untuk warga desa yang hendak mengembangkan usahanya.

“Berbagai upaya yang bisa dilakukan BUMDes untuk percepatan peningkatan ekonomi warga masyarakat desa bisa lebih luas lagi. Misalnya, BUMDes se bagai badan hukum sekaligus badan usaha bisa mendirikan PT untuk usaha apapun yang bi sa dikembangkan melalui PT,” ungkap Abdul Halim dalam pembukaan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2020 seri ke-3 yang disiarkan secara virtual, Jumat (20/11).

Ia mengatakan, BUMDes dapat melakukan konsolidasi di berbagai badan usaha masyarakat, namun BUMDes tidak diizinkan untuk melakukan kegiatan usaha yang sudah dikerjakan oleh warga.

“BUMDes hanya boleh melakukan usaha yang belum dilakukan masyarakat, karena BUMDes ini mengedepankan ekonomi masyarakat desa,”tuturnya.

Abdul menjelaskan, penetapan BUMDes sebagai badan hukum memang sudah tertuang dalam Undang-undang (UU) nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja, tepatnya di bagian ke-10 yaitu pasal 117. Akan tetapi resmi berlakunya baru hari ini (20/11).

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN