Menu
Sign in
@ Contact
Search
Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu. (Foto: Beritasatu.com)

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu. (Foto: Beritasatu.com)

Cegah Ledakan Inflasi, Ini Langkah Pemerintah

Selasa, 2 Agustus 2022 | 20:10 WIB
Arnoldus Kristianus (arnoldus.kristianus@beritasatumedia.com)

JAKARTA, Investor.id - Pemerintah akan terus melaksanakan dan memperkuat kebijakan intervensi harga pangan, penguatan stok, serta operasi pasar guna mengantisipasi kenaikan inflasi. Pasalnya, krisis pangan dan energi global diperkirakan masih memberikan tekanan kepada inflasi domestik sepanjang 2022.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) sebelumnya mengungkapkan inflasi Juli 2022 mencapai 4,94% (yoy) karena dipengaruhi kenaikan harga cabai dan bawang merah, bahan bakar rumah tangga nonsubsidi, serta tarif angkutan udara. Secara bulan ke bulan, inflasi meningkat mencapai 0,64%.  

“Faktor musiman terkait kondisi cuaca umumnya bersifat temporer. Harga pangan diperkirakan semakin stabil seiring membaiknya kondisi cuaca ke depannya. Pergerakan harga komoditas hortikultura sudah menunjukkan tren melandai dalam dua minggu terakhir Juli,“ ucap Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Nathan Kacaribu dalam siaran pers, Selasa (2/8).

Dengan perkembangan saat ini, ia memperkirakan laju inflasi akhir tahun masih relatif moderat, meskipun cenderung berada pada batas atas sasaran inflasi pemerintah. Dalam mengendalikan inflasi, pemerintah akan mengoptimalkan kebijakan kunci terutama menjaga daya beli masyarakat melalui berbagai kebijakan subsidi, kompensasi, dan perlindungan sosial bagi masyarakat miskin dan rentan. Selain itu, pemerintah akan terus menjaga momentum pemulihan dengan mengendalikan pandemi dan mendorong program PEN.

“Koordinasi dan kolaborasi Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah (TPIP dan TPID) akan terus diperkuat untuk menjaga keseimbangan antara suplai dan permintaan masyarakat, termasuk keseimbangan distribusi pasokan antar wilayah“, kata Febrio.

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com