Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menkeu Sri Mulyani. Foto: IST

Menkeu Sri Mulyani. Foto: IST

Dana Himbara Tahap II Dikucurkan September

Selasa, 30 Juni 2020 | 11:29 WIB
Triyan Pangastuti ,Nida Sahara ( nida.sahara@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, dana pemerintah yang ditempatkan di empat bank anggota Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) senilai Rp 30 triliun, akan dikucurkan dalam bentuk kredit ke sektor riil sebesar Rp 188,57 triliun. Dengan demikian, dana tersebut memiliki daya ungkit (leverage) enam kali lipat lebih.

Pemerintah pun berjanji untuk kembali menempatkan dana di bank Himbara pada September mendatang, seiring batas waktu penempatan dana pemerintah tahap pertama sebesar Rp 30 triliun dengan jangka waktu tiga bulan, yakni pada Agustus.

Sri Mulyani menyatakan, pemerintah memonitor dan mengevaluasi setiap bulan penggunaan dana oleh masing-masing bank BUMN atau Himbara. Jika terbukti efektif dalam mendorong pemulihan ekonomi, program akan diperpanjang dengan jangka waktu yang lebih lama.

Febrio Kacaribu. Foto: IST
Febrio Kacaribu. Foto: IST

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu menambahkan, sebelum penempatan dana pemerintah tahap kedua pada September, keempat bank Himbara bisa mendapatkan suntikan dana lagi dari pemerintah sering meningkatnya permintaan kredit.

“Tapi pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan akan terus memantau perkembangan,” kata dia.

Lebih lanjut Menkeu Sri Mulyani mengatakan, keempat bank Himbara berkomitmen menyalurkan kredit sebesar Rp 188,57 triliun dari penempatan dana dari pemerintah tahap I sebesar Rp 30 triliun.

Empat bank Himbara terdiri atas PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN).

“Himbara telah menyampaikan masing-masing strategi mengenai rencana penggunaan penempatan uang negara untuk mendukung kegiatan bisnis bank umum yang terkait dengan percepatan pemulihan ekonomi,” ujarnya. (hg)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN