Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Para pengrajin tenun Sasak di Desa Sade, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) dikunjungi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Kamis (14/10/2021). (ist)

Para pengrajin tenun Sasak di Desa Sade, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) dikunjungi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Kamis (14/10/2021). (ist)

Dikunjungi Airlangga, Pengrajin Tenun NTB Berharap Gelaran Superbike Bangkitkan Usaha

Jumat, 15 Oktober 2021 | 12:43 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id – Para pengrajin tenun Sasak di Desa Sade, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) mengaku senang dikunjungi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Kamis (14/10/2021). Mereka berharap event World Superbike (WSBK) yang akan berlangsung di Sirkuit Mandalika 19-21 November 2021 dapat menggeliatkan kembali usaha yang mati suri, karena pandemi Covid-19.

Sebab, hampir dua tahun sejak pandemi Covid-19 terjadi, usaha tenun milik Ina Ari (49) sepi pembeli. Pengerajin tenun Desa Sasak Sade ini sangat merasakan dampak pandemi. Hal itu Ina sampaikan langsung kepada Airlangga.

"Senang, bahagia karena beliau bisa berkunjung ke dusun kami. Sebelum pandemi ramai Pak, tetapi setelah pandemi sepi ini. Mudah-mudahan dengan adanya kunjungan Pak Airlangga dan event Superbike ini usaha kami bisa menggeliat lagi," ungkap Ina.

Pengerajin tenun yang sudah menjalankan usahanya selama 10 tahun ini mengatakan selama pandemi penghasilannya turun drastis. Dari yang biasanya mencapai Rp1 juta perhari, selama pandemi pernah dalam sebulan tidak ada pemasukan sama sekali.

"Kalau sekarang kan hampir dua tahun corona masuk, tak ada pemasukan sama sekali. Kami yang hidup di pariwisata ini bener-bener mati suri," ujar dia.

Terkait adanya jadwal perhelatan event Superbike yang sebentar lagi akan digelar di Mandalika, dia mengaku bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah, karena akan menjadi titik balik usahanya untuk bangkit kembali.

"Terima kasih banyak atas perhatian pemerintah, TIDC yang memberikan kami kesempatan untuk mempromosikan hasil-hasil pelajaran kami di sini di acara Superbike. Semoga acaranya sukses dan lancar. Mudah-mudahan tamunya makin banyak, sehingga penghasilan kami bisa seperti semula lagi, bisa untuk membiayai kehidupan kami sehari-hari lagi sama keluarga," pungkas dia.

Airlangga bersama Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, dan Wali Kota Lombok Mohan Roliskana melakukan serangkaian kunjungan kerja sehari di Lombok NTB. Selain bertemu dengan pelaku UMKM tenun, Airlangga beserta rombongan melakukan kegiatan penyaluran Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW), dialog dengan peserta Prakerja dari NTB, dan peninjauan sirkuit Mandalika.

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN