Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Zulkifli Zaini (dua dari kiri). Foto: dok.suara pembaruan

Zulkifli Zaini (dua dari kiri). Foto: dok.suara pembaruan

Dirut PLN Utamakan Pelayanan Publik

Selasa, 28 Januari 2020 | 23:01 WIB
Rangga Prakoso (rangga.prakoso@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Direktur Utama PLN Zukifli Zaini mengatakan, mengutamakan pelayanan publik dengan memenuhi kebutuhan listrik dari Sabang hingga Marauke. Namun sebagai perusahaan PLN diminta harus menjaga kinerja keuangan tetap baik.

"Dengan kondisi seperti itu kami menyadari dilema laba dan public service. Kalau kami dihadapkan pada dua itu kami akan dahulukan public service," kata Zulkifli di Jakarta, Selasa (28/1).

Zulkifli mengungkapkan secara umum kinerja keuangan PLN dalam kondisi baik. Namun dia mengakui arus keuangan (cash flow) mengalami sedikit tekanan. Namun sayangnya dia tidak secara khusus menyebut tekanan yang dimaksud. Zulkifli hanya menuturkan skema tarif adjustment yang tidak diberlakukan sejak 2017 silam. Padahal sejumlah indikator mengalami perubahan seperti harga minyak mentah Indonesia (ICP), nilai tukar Rupiah (kurs), maupun inflasi.

Pihaknya berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan, Kementerian ESDM dan pemegang saham yakni Kementerian BUMN terkait hal tersebut.

"Enggak ada satu pun perusahaaan di dunia ini yang bisa melaksanakan mandat kalau keuangannya enggak baik. Kami akan bersama-bersama perusahaaan lain anak cucu agar sustain mampu bayar kewajibannya ke lender. Kalau PLN fail artinya negara fail," ujarnya.

Lebih lanjut Zulkifli menegaskan komitmennya melistriki daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T). "Melistriki desa tertinggal itu komitmen kami. Pemegang saham sudah memandatkan pada kami listrik di 3Tagar dapat perhatian," ujarnya.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN