Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Doni Primanto Joewono. Foto: IST

Doni Primanto Joewono. Foto: IST

Doni P Joewono Terpilih Jadi Deputi Gubernur BI

Senin, 13 Juli 2020 | 15:43 WIB
Triyan Pangastuti

JAKARTA, investor.id -- Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI memutuskan memilih Doni Primanto Joewono sebagai deputi gubernur Bank Indonesia periode 2020-2025. Doni akan menggantikan posisi Erwin Rijanto.

Penetapan Doni sebagai deputi gubernur BI dilakukan melalui proses pemilihan musyarakat mufakat yang dilakukan melalui rapat Internal Komisi XI hari ini pada pukul 14.00.

Anggota Komisi XI DPR RI Hendrawan Supratikno mengatakan, Doni P Joewono dipilih secara aklamasi dan sesuai dengan hasil musyawarah mufakat. "Dipilih secara aklamasi, musyawarah mufakat," kata Hendrawan ketika dihubungi, Senin (13/7).

Anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Vera Febyanthy menambahkan, semua fraksi setuju Doni P Joewono untuk menjadi Deputi Gubernur Bank Indonesia.

“Pak Doni yang terpilih, tadi kami musyawarah mufakat, semua fraksi setuju Pak Doni,” tutur Vera.

Sebelumnya, Doni telah melaksanakan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI pada Rabu, (8/7) yang dimulai pukul 10.00 WIB.

Dalam paparannya saat itu, jika terpilih ia akan menjalankan lima strategi. Pertama memperkuat kebijakan makroprudensial untuk selalu sikap menjaga stabilitas sistem keuangan. Dalam jangka pendek kebijakan yang ditempuh lebih kepada emergency response yaitu memperkuat perumusan kebijakan bank Indonesia baik menjaga stabilitas perekonomian yang ditempuh melalui bauran kebijakan di bidang moneter, makroprudensial, sistem pembayaran, serta dengan penguatan koordinasi komunikasi dan kebijakan.

Kedua, memperkuat potensi ekonomi domestik mengurangi ketergantungan impor dan mendorong ekspor.

Ketiga, digitalisasi yaitu memanfaatkan kemajuan teknologi digital untuk mempercepat akselerasi pertumbuhan ekonomi. Keempat, yang mendorong bank konvensional mencari proyeksi yaitu memperluas opsi-opsi kebijakan moneter untuk stabilisasi juga untuk pertumbuhan ekonomi. Kelima, ekonomi inklusif yaitu selalu berupaya agar kemajuan ekonomi dapat dinikmati secara merata.

Sebagai informasi, Doni sebelumnya menjabat sebagai Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Sumber Daya Manusia Bank Indonesia. Doni merupakan salah satu nama yang diajukan Presiden Joko Widodo kepada DPR RI sebagai calon pengganti Erwin Rijanto yang telah berakhir jabatannya pada bulan Juni 2020.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengajukan tiga nama calon Deputi Gubernur BI yaitu Asisten Gub, Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial BI Yuda Agung, Asisten Gubernur, Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Aida S Budiman dan Kepala Departemen SDM BI Doni Primanto Juwono. Tiga nama ini termasuk dalam surat dengan nomor R21/Presiden/04/2020 yang dikirimkan Presiden ke DPR pada 17 April 2020.

Editor : Nurjoni (nurjoni@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN