Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Industri manufaktur. Foto ilustrasi: IST

Industri manufaktur. Foto ilustrasi: IST

Dua Perusahaan Indonesia Jadi Percontohan Industri 4.0 Dunia

Leonard AL Cahyoputra, Kamis, 4 Juli 2019 | 21:36 WIB

JAKARTA, Investor.id – Sebanyak dua perusahaan Indonesia, yakni PT Schneider Electric Manufacturing Batam (SEMB) dan PT Petrosea Tbk, masuk 10 besar percontohan industri 4.0 dunia (global lighthouse network). SEMB merupakan produsen elektronik yang telah menerapkan transformasi digital sejak tahun 2017, sedangkan Petrosea adalah kontraktor tambang yang berlokasi di Tabang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Masuknya dua perusahaan Indonesia tersebut diumumkan langsung oleh World Economic Forum (WEF) pada Annual Meeting of the New Champions di Dalian, Tiongkok, Rabu (3/7). SEMB bersama Petrosea bergabung dengan delapan perusahaan lainnya di dunia, seperti Arçelik (Ulmi, Romania), Ford Otosan (Kocaeli, Turki), Nokia (Oulu, Finlandia), Posco (Pohang, Korea Selatan), Groupe Renault (Cléon, Prancis), SAIC Maxus (Nanjing, Tiongkok), Tata Steel (Kalinganagar, India), dan Zymergen (Emeryville, USA).

Menurut WEF, 10 lighthouse yang dipilih tersebut berdasarkan kepemimpinannya menerapkan teknologi industri 4.0 untuk mendorong dampak positif terhadap finansial dan operasionalnya. Selain itu, mereka sukses mengintegrasikan teknologi industri 4.0 untuk meningkatkan efisiensi dan inovasi.

Ke-10 perusahaan tersebut bergabung dengan 16 perusahaan lainnya yang sebelumnya sudah masuk sebagai lighthouse. Mereka akan menjadi percontohan bagi perusahaan lainnya untuk mengatasi tantangan dalam memperbarui sistem dan mengaplikasikan teknologi mutakhir, seperti artificial intelligence, big data analytics, dan 3D printing.

“Adanya lighthouse industry dapat menjadi pembelajaran bagi industri lain dalam bertransformasi menuju industri 4.0. Ke depan, diharapkan semakin banyaklighthouse industry yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia,” kata Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto di Jakarta, Kamis (4/7).

Menurut Airlangga, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sebelumnya telah menunjuk SEMB sebagai percontohan untuk sektor manufaktur di Indonesia yang sudah menerapkan industri 4.0. Perusahaan elektronik ini dinilai berhasil melakukan transformasi digital sehingga mampu mengadopsi digital attitude serta menerapakan model operasional yang baru dan efisien di perusahaan.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA