Menu
Sign in
@ Contact
Search
Dubes RI untuk Bulgaria merangkap  Makedonia Utara dan Albania, Iwan Bogananta bersama Project Manager XH&M Albania, Xhoana Merkaj.

Dubes RI untuk Bulgaria merangkap Makedonia Utara dan Albania, Iwan Bogananta bersama Project Manager XH&M Albania, Xhoana Merkaj.

Dubes Iwan Bogananta Fasilitasi Kesepakatan Bisnis Perusahaan RI-Albania Senilai US$ 35 Juta

Kamis, 20 Okt 2022 | 15:51 WIB

JAKARTA, Investor.id - Dubes RI untuk Bulgaria merangkap Makedonia Utara dan Albania, Iwan Bogananta dan tim ekonominya sukses memfasilitasi kesepakatan kerja sama bisnis dan investasi antara Moderna Indonesia dan XH&MAlbania senilai US$ 35 juta. Kerja sama mencakup pengembangan renewable energy dan home appliances.

Kesepakatan itu dicapai dalam kegiatan Business Forum INACEE 2022, 19 Oktober 2022, yang diinisiasi oleh Kementerian Luar Negeri.

Iwan Bogananta dalam pernyataan terpisahnya menyampaikan bahwa fasilitasi kesepakatan perdagangan dan investasi dalam bentuk penandatanganan MoU antara Modena Indonesia dan Xh&M senilai US$ 35 juta itu merupakan pengembangan pada sektor energi terbarukan, khususnya sektor panel surya dan distribusi peralatan rumah tangga di Albania.

Kesepakatan ini ditujukan untuk membuka kesempatan dan mengembangkan pasar non tradisional di kawasan Eropa Timur, Tenggara, dan Balkan, yang akan menggunakan sumber produksi dari Indonesia yaitu panel surya dari Indonesia.

Advertisement

“Dengan penandatanganan perjanjian kerja sama ini, kami berharap dapat berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi Indonesia, peningkatan hubungan bilateral, dan sesuai dengan sektor prioritas Indonesia dalam Kepresidenan G20, yaitu ‘mendorong transisi energi baru dan berkelanjutan’,” kata Iwan Bogananta di acara INA CEE dalam sesi penandatanganan kesepekatan kerja sama antara negara Eropa Timur, Tenggara, dan Balkan.

Dubes RI untuk Bulgaria merangkap Makedonia Utara dan Albania, Iwan Bogananta.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Global Development & Strategy Modena, Erwin Vernatha mengucapkan apresiasinya kepada Dubes Iwan Bogananta dan tim ekonominya yang telah memfasilitasi ekspansi produk Indonesia di Albania melalui penandatanganan MoU senilai lebih dari US$ 35 juta. Dalam hal ini adalah pengembangan ekspor produk Indonesia dan investasi untuk proyek green energy dan distribusi home appliances.

“Ke depan kami berharap kerja sama atas hasil fasilitasi Bapak Dubes Iwan dan tim ini dapat turut berkontribusi terhadap hubungan baik kedua negara dan peran Indonesia di kawasan,” tutur Erwin.

Project Manager XH&M Albania, Xhoana Merkaj turut mengapresiasi fasilitasi Dubes RI. Dia berharap kerja sama bilateral perdagangan ketua negara terus dapat ditingkatkan dengan melibat peluang dari sektor lainnya.

Business Forum INA CEE adalah forum peningkatan kerja sama dengan negara kawasan Eropa Timur, Tenggara dan Balkan seperti Albania, Armenia, Belarus, Bosnia & Herzegovina, Bulgaria, Czech, Georgia, Hungary, Croatia, North Macedonia, Moldova, Montenegro, Poland, Romania, Russia, Serbia, Slovakia, Turki dan Ukraina.

Misi dari forum tersebut adalah mendorong peningkatan kerja sama ekonomi dengan memperkuat perdagangan yang saling menguntungkan.

Editor : Totok Subagyo (totok_hs@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com