Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Gerbang Tol Cikampek Utama 2. Foto: Jasa Marga

Gerbang Tol Cikampek Utama 2. Foto: Jasa Marga

Dukung Peniadaan Mudik, Jasa Marga Kendalikan Transportasi di Jalan Tol

Rabu, 5 Mei 2021 | 01:33 WIB
Muawwan Daelami (muawwan@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id – PT Jasa Marga (Persero) Tbk siap mendukung kebijakan pemerintah meniadakan mudik pada Hari Raya Idul Fitri 1442 H dengan memberlakukan pengendalian transportasi di jalan tol.

Pengendalian transportasi dilakukan dengan berkolaborasi bersama Kepolisian, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Operation & Maintenance Management Group Head Jasa Marga Atika Dara Prahita mengatakan, Jasa Marga memprediksi jumlah kendaraan yang keluar Jabotabek melalui gerbang tol utama pada periode 6-12 Mei 2021 atau H-7 s.d H-1 Hari Raya Idul Fitri 1442 H sebesar 593.185 kendaraan.

Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari beberapa Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur). Jumlah ini turun sekitar 35% dari lalu lintas normal.

“Prediksi volume lalin yang meninggalkan Jabotabek tertinggi terjadi pada 11 Mei 2021 (H-2) sebesar 109.327 kendaraan," ujar Atika dalam keterangan tertulisnya, Selasa (4/5).

Selain itu, pada periode H-6 sampai H-1 Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Perseroan juga memprediksi peningkatan volume lalin di masa pengetatan mudik ini terjadi pada Rabu, 5 Mei 2021 dengan jumlah 138.508 kendaraan meninggalkan Jabotabek. Menurutnya, dua prediksi tersebut merupakan kumulatif arus lalin dari empat GT Barrier/Utama.

Untuk mengantisipasi itu, Jasa Marga tetap siaga berupaya memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan selalu memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan pengguna jalan.

Di samping itu, Jasa Marga juga mendukung upaya Pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan di seluruh aktivitas pelayanan jalan tol termasuk di rest area.

Strategi Pelayanan

Beberapa strategi pelayanan operasi Idul Fitri 1442 H yang dilakukan Jasa Marga terdiri atas layanan lalu lintas, layanan transaksi, layanan konstruksi hingga layanan rest area.

Untuk layanan lalu lintas sekaligus menjadi upaya Jasa Marga dalam mengendalikan transportasi. Salah satunya Jasa Marga akan mendukung penuh pelaksanaan check point/lokasi penyekatan di jalan tol dengan berkoordinasi bersama Kepolisian dan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub.

“Jasa Marga akan menyiagakan sarana prasarana dan personil untuk mendukung pelaksanaan pengawasan Kepolisian di lokasi check point termasuk melengkapinya dengan CCTV," ungkap Atika.

Bukan hanya itu, Jasa Marga juga akan menutup sementara Jalan Layang MBZ sesuai masukan dari pihak Kepolisian. Adapun jadwal penutupannya, sampai saat ini Jasa Marga masih menunggu surat persetujuan Menteri PUPR.

Seluruh akses Jalan Layang MBZ akan ditutup sementara baik arah Jakarta maupun Cikampek pada akses masuk maupun akses keluar jalan tol tersebut. Hal ini dilakukan untuk membatasi pergerakan arus lalu lintas keluar dan masuk Jabotabek agar meminimalisir penyebaran Covid-19.

Sementara itu, untuk layanan transaksi, Jasa Marga mengantisipasi adanya pengalihan lalu lintas di gerbang tol terdekat dengan posko penyekatan. Jasa Marga pun menyiapkan mobile reader dan tambahan petugas tapping di gerbang tol untuk meningkatkan kapasitas transaksi serta memastikan peralatan tol dan kelengkapan operasional di setiap gerbang tol berfungsi.

Random Check di Rest Area

Pada bagian lain, Direktur Pengelolaan Gedung dan Fasilitas PT Jasamarga Related Business Tita Paulina menjelaskan, Jasa Marga juga melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dengan menerapkan sejumlah protokol kesehatan di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP)/rest area.

“Kami juga menyediakan lokasi posko kesehatan pelaksanaan random check sampling rapid test antigen di rest area berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Daerah. Lokasinya di TIP KM 519 B Jalan Tol Solo-Ngawi, TIP KM 57A Jalan Tol Jakarta-Cikampek, TIP KM 72A dan 88A Jalan Tol Cipularang” kata Tita.

Editor : Nurjoni (nurjoni@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN