Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ajib Hamdani.

Ajib Hamdani.

Dukung UKM, Konsultanku dan Hipmi Gelar Webinar Bersama

Senin, 26 Oktober 2020 | 23:17 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Konsultanku dan Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi) mengadakan Webinar Diskusi Panel membahas tantangan dan strategi bagi dunia usaha di tengah bayang-bayang resesi ekonomi dan pandemi.

Salah satu sorotan dalam webinar tersebut adalah pentingnya eksistensi usaha kecil menengah (UKM) dalam rangka pemulihan ekonomi nasional.

Founder & CEO Konsultanku Mikail Jaman menyatakan, UKM berkontribusi 60,8% dari perekonomian nasional sehingga UKM sangat penting untuk berjalan dalam rangka pemulihan ekonomi. Selain itu, menurut dia, UKM menyerap banyak tenaga kerja.

"Tak hanya itu, UKM juga memiliki peranan besar dalam penyerapan tenaga kerja nasional," jelas Mikail dalam keterangan resmi, Senin (26/10).

Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan BPP Hipmi Ajib Hamdani menuturkan, pemerintah meluncurkan banyak insentif untuk UKM di antaranya dana kredit usaha rakyat (KUR) sebesar Rp 190 triliun. Namun masih banyak UKM yang belum mengetahui kebijakan tersebut.

“Jangan sampai pemerintah sudah salurkan tapi tidak mengalir ke masyarakat, malah mengalir ke konglomerasi besar atau mengendap di bank," ujar Ajib.

Lebih jauh, dia melanjutkan, klaster usaha mikro kecil menengah (UMKM) pada Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja yang baru saja disahkan DPR diharapkan dapat membantu menciptakan ekosistem bisnis yang lebih baik.

Menurut dia, klaster UMKM pada Omnibus Law akan mempermudah dan menyederhanakan proses perizinan usaha; memberikan akses yang lebih baik terhadap kemitraan-kemitraan dan kerja sama dengan industri; dukungan UMKM dalam mengakses pembiayaan, permodalan, dan hak kekayaan intelektual.

"Kalau dalam klaster UMKM, Hipmi mendukung," ujar Ajib. 

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN