Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Benih Lobster. Foto: dok. KKP

Benih Lobster. Foto: dok. KKP

Edhy Prabowo akan Buka Kembali Izin Ekspor Benih Lobster

Senin, 9 Desember 2019 | 17:49 WIB
Ridho Syukra (ridho.syukra@beritasatumedia.com )

JAKARTA, investor.id - Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Edhy Prabowo berencana membuka kembali izin ekspor benih lobster yang sebelumnya dilarang oleh Susi Pudjiastuti.

Edhy mengatakan setelah memantau kondisi di lapangan selama sebulan lebih ditambah banyak pedagang Vietnam yang meminta benih lobster dari Indonesia maka ia berencana akan mengeluarkan izin ekspor benih lobster tetapi dengan kuota.

“Iya ada rencana untuk buka izin ekspor karena permintaan semakin tinggi dan ini lagi dibicarakan,” ujar dia di Jakarta, Senin (9/12).

Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Indonesia Maju Edhy Prabowo. Foto: youtube
Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Indonesia Maju Edhy Prabowo. Foto: youtube

Sebelum izin ekspor benar-benar dibuka, ia akan meminta masukan dari pelaku usaha dan mengundang sejumlah pihak untuk meminta saran.

Jika semua masukan dan saran sudah dikumpulkan maka ia akan mengeluarkan keputusan sebelum tutup tahun 2019. apakah benar dibuka izinnya atau ditunda.

Seperti diketahui, Menteri KKP periode 2014-2019 Susi Pudjiastuti melarang ekspor benih lobster yan tertuang dalam Peraturan Menteri KP Nomor 1 tahun 2015 dan mulai berlaku tahun 2015.

Kebijakan yang dikeluarkan Susi tersebut menuai pro dan kontra dari kalangan pengusaha dan pembudidaya.

Edhy juga terus membangun komunikasi dua arah dengan berbagai stakeholder kelautan dan perikanan.

Belum lama ini, ia berdiskusi dan menerima masukan dari pelaku usaha budidaya ikan, pengolah dan pemasar hasil ikan di Balai Perbenihan dan Budidaya Air Tawar (PBIAT), Ngrajek, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang.

Jateng akan menjadi salah satu fokus pembangunan industri kelautan dan perikanan dan ia akan selalu hadir untuk membantu industri kelautan dan perikanan tidak hanya di Jateng tetapi semua provinsi.

Ajak Pegawai KKP Lawan Korupsi

Dalam rangka memperingati hari korupsi sedunia, Edhy mengajak semua karyawan yang bekerja di lingkungan KKP melawan korupsi karena korupsi bisa menghancurkan karir dan harga diri.

Ia mengatakan Indonesia memang negara berkembang dan salah satu musuh dari negara berkembang adalah banyak pejabat korup dan hal inilah yang harus dihindari di lingkungan KKP.

“ KKP harus menjadi Kementerian yang bebas korupsi dan fokus KKP adalah menjaga kehidupan para nelayan,” ujar dia.

Pegawai KP harus melayani masyarakat dengan sepenuh hati dan ikhlas tanpa imbalan dan menerima siapa saja yang datang ke kantor KP dengan senyuman.

Sesuai dengan amanah Presiden Joko Widodo, setiap pegawai KP harus membangun hubungan yang baik dengan nelayan.

KKP merupakan rumah bagi nelayan dan setiap keluhan akan diterima dengan lapang dada dan tindakan kriminal seperti Korupsi tidak ada gunanya dan harus dicegah.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN