Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat mengikuti rapat bersama di ruang Pansus Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (13/5/2020). Foto: SP/Ruht Semiono

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat mengikuti rapat bersama di ruang Pansus Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (13/5/2020). Foto: SP/Ruht Semiono

AKAN DILANJUTKAN TERSAMBUNG KE SURABAYA DENGAN MENGGANDENG JEPANG

Erick: Deadline Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tetap September 2022

Triyan Pangastuti, Jumat, 29 Mei 2020 | 18:29 WIB

JAKARTA, investor.id - Kementerian BUMN memastikan pembangunan proyek strategis nasional (PSN) kereta cepat Jakarta-Bandung akan tetap jalan dan tenggat waktu penyelesaiannya tetap bulan September 2022.

Deadline Jakarta-Bandung tetap September 2022. Harus bisa jadi sebagai target,” ujar Menteri BUMN Erick Thohir dalam diskusi virtual, Jakarta, Jumat (29/5).

Ia mengatakan, proyek PSN mayoritas tetap dijalankan meski di tengah pandemi Covid-19. Ini karena proyek PSN mampu menciptakan dan menyerap banyak tenaga kerja.

Bahkan, Presiden Joko Widodo juga sudah memberi arahan agar kereta cepat Jakarta- Bandung dilanjutkan hingga tersambung ke Surabaya, agar lebih feasible.

“Kami harus optimistis. Negara dalam kondisi yang terus memikirkan pembukaan lapangan kerja. Tadi, Pak Presiden sudah setuju disambungkan Jakarta-Bandung-Surabaya supaya lebih feasible, dan ini pasti menyerap tenaga kerja yang luar biasa," ujarnya.

Ia menambahkan, aspek yang terdampak Covid-19 mencakup kesehatan dan ekonomi. Dari sisi ekonomi, hal itu mengganggu daya beli masyarakat hingga meningkatkan jumlah pengangguran. Masalah ini menjadi perhatian pemerintah untuk segera diatasi.

Jepang Masuk 
Di tempat terpisah dalam konferensi pers rapat terbatas di Istana, Jumat (29/5), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto juga mengatakan kereta cepat rute Jakarta-Bandung akan diteruskan hingga Surabaya. 

Saat ini, proyek kereta cepat rute Jakarta-Bandung digarap dengan pendanaan dari Tiongkok. Sedangkan dalam proyek selanjutnya, Bandung-Surabaya, Jepang akan masuk dalam konsorium proyek. 

“Arahan Bapak Presiden (Jokowi), agar lebih ekonomis untuk didorong kelanjutan proyek, tidak hanya berhenti di Bandung tetapi terus sampai Surabaya. Selain itu, diusulkan agar konsorsium bisa ditambah dengan konsorsium dari Jepang," kata Airlangga.

Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang sedang dikerjakan oleh PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) itu mengalami keterlambatan satu tahun, berdasarkan laporan dari Kementerian BUMN. Kereta cepat Jakarta-Bandung ini ditangani konsorsium yang terdiri atas PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) dan China Railway Corporation.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN