Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Erick Thohir. Foto: IST

Erick Thohir. Foto: IST

Erick Optimistis Penduduk Kelas Menengah Atas Terus Meningkat

Rabu, 16 September 2020 | 16:31 WIB
Triyan Pangastuti

JAKARTA, investor.id - Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi negara maju, sebab jumlah penduduk kelas menengah atas yang diyakini terus meningkat. Pasalnya data demografi menunjukkan jumlah middle income class terus tumbuh dari 7% ke 20%.

Untuk saat ini, menurutnya dari populasi penduduk Indonesia sebesar 273 juta sekitar 52 juta atau sekitar 19% penduduk Indonesia dengan posisi masyarakat kelas menengah atas. Jumlah tersebut bahkan hampir setara dengan total populasi negara Korea Selatan.

"Dibandingkan negara negara lain, penduduk Korsel itu 55 juta, jadi hampir sama. Afrika Selatan ada 56 juta, dan Spanyol 46 juta,"tuturnya dalam diskusi HSBC Economic Forum, Rabu (16/9).

Erick mengatakan bahwa Indonesia juga memiliki potensi menjadi kelas menengah atas dan negara maju. Hal ini dilihat melalui indikator populasi penduduk yang besar, angka kemiskinan yang terus menurun dan melimpahnya sumber daya alam (SDA) yang dapat dimanfaatkan.

“Kita di bawah equator negara kepulauan yang ada laut sangat besar, hal-hal ini jadi positif untuk Indonesia jadi negara kuat dan terus berkembang, dan kita yakini dengan dua fundamental ini menjadi fondasi sangat kuat,”tuturnya.

Meski begitu, Erick menilai masih ada kekurangan dari sisi logistik dan iklim investasi. Oleh karena itu pemerintah terus memperbaikinya dengan membangun infrastruktur, mempercepat digitalisasi dan perumusan RUU Cipta Kerja yang dinilainya dapat memperbaiki iklim investasi dengan kemudahan persyaratan dan prosedur.

Lebih lanjut, ia optimistis jumlah penduduk kelas menengah di Indonesia dapat melampaui total populasi di Korea Selatan, yakni hingga 90 juta jiwa.

"Kalau total penduduk 273 juta lalu middle income bisa growth sepertiganya, itu kurang lebih 90 juta. Berarti kita punya market yang potensi besar, bahkan lebih besar dari beberapa negara yang terus berkembang menjadi negara besar," ujarnya.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN