Menu
Sign in
@ Contact
Search
Evermos dan W20 mendukung pemberdayaan wirausaha perempuan, dengan menggelar diskusi bertajuk

Evermos dan W20 mendukung pemberdayaan wirausaha perempuan, dengan menggelar diskusi bertajuk "Story of Us: Together Stronger". (ist)

Evermos Bersama W20 Dukung Pemberdayaan Wirausaha Perempuan

Selasa, 12 Juli 2022 | 14:05 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - Melalui presidensi G20, Indonesia berperan dalam agenda pencapaian ekonomi inklusif, dengan mendorong wirausaha perempuan. Evermos, social commerce berbasis teknologi digital asal Bandung, adalah salah satu pihak yang mendukung penuh agenda ini sebagai perwujudan salah satu pilar keberlanjutan Evermos, yaitu pemberdayaan perempuan.

Sejalan dengan itu, Evermos dan W20, engagement group G20 yang fokus kepada perempuan, menggelar sesi diskusi antarpelaku wirausaha perempuan untuk berbagi dan mengembangkan ilmu dalam berwirausaha.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, yang menelisik data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021, total wirausaha yang dimiliki oleh perempuan mencapai 64,5%. Hal ini menunjukkan, peran perempuan dalam ekonomi mikro Indonesia sangat besar, yaitu perempuan telah mengendalikan separuh lebih dari seluruh total wirausaha di Indonesia.

Namun, untuk menjadi perempuan yang menjalankan usaha tidaklah mudah. Ada banyak tantangan serta hambatan yang menyertainya, seperti pandangan sosial, perempuan hanya berperan di lingkungan domestik saja. Alhasil, keluarga tidak memberikan secara penuh dukungan kepada para perempuan untuk berwirausaha. Usaha yang sudah dibangun oleh perempuan pun sering kali tidak maksimal karena mereka dituntut untuk lebih memprioritaskan waktu, tenaga, modal dan energinya untuk mengurus keluarga.

Dengan banyaknya keterbatasan yang dihadapi perempuan untuk menjalankan wirausaha, Evermos bersama dengan W20 bertekad mendukung para perempuan untuk menjadi wirausaha yang berdaya melalui rangkaian acara ruang dialog eksklusif dengan tema “Story of Us: Together Stronger”.

Para pengusaha perempuan yang telah sukses diundang untuk berbagi cerita, pengalaman dan inspirasi soal kiat membangun usaha di tengah tanggung jawab sebagai istri dalam keluarga. Sesi pertama dari tiga rangkaian ini telah diadakan Rabu (22/6/2022) di Hotel Malaka, Bandung, Jawa Barat. Peserta mendapatkan banyak pembelajaran dari perspektif perempuan, seperti manajemen waktu, manajemen finansial, cara membangun sebuah tim dan cara pemasaran bisnis yang baik.

Tiga pembicara yang menjadi sorotan dalam acara ini adalah Reni Triana, pendiri brand fashion muslim Sakinah, Rika Prasetia, pendiri brand kecantikan Vienka Skincare, dan Fitrias Rahayu, yang merupakan pendiri brand kecantikan Tufine.id.

Pembicara berlaku sebagai mentor untuk saling berbagi cerita dan pengalaman pada forum diskusi yang dihadiri pelaku wirausaha perempuan lain yang baru memulai atau yang masih kesulitan dalam bisnisnya. Evermos dan W20 berperan sebagai fasilitator yang menyediakan tempat diskusi dan pelatigan yang menjembatani mentor dan peserta.

Co-Founder Evermos Iqbal Muslimin mengatakan, membangun dan menjalankan bisnis di tengah peran sebagai perempuan selalu menjadi sebuah kisah inspirati. “Dengan saling berbagi kisah sukses dan kisah kegagalan, para pelaku wirausaha perempuan bisa menjadi lebih kuat dan saling mendukung satu sama lain,” kata dia dalam keterangan resmi, Selasa (12/7/2022).

Dalam membuat acara ini, dia menyatakan, Evermos bekerja sama dengan W20, yang dibentuk tahun 2015 atas kesadaran bahwa perempuan memiliki andil yang sangat besar dalam perputaran ekonomi global. “Dengan mewadahi para perempuan Indonesia untuk berdaya, diharapkan akan semakin banyak perempuan Indonesia yang kreatif dan aktif berperan pada perekonomian global”, tutup Iqbal.

Evermos adalah startup bidang social commerce yang memudahkan seluruh masyarakat mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi reseller. Melalui Evermos, para reseller dapat menjual berbagai produk lokal berkualitas baik dan halal merek lokal buatan usaha kecil dan menengah (UKM).

 

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com