Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Freeport. Foto: IST

Freeport. Foto: IST

Freeport Dapat Tambahan Kuota Ekspor 500 Ribu Ton

Jumat, 13 September 2019 | 17:32 WIB
Triyan Pangastuti

JAKARTA, investor.id - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menyetujui untuk penambahan kuota ekspor konsentrat tembaga PT Freeport Indonesia (PTFI) sebanyak 500 ribu ton. Penambahan ini dilakukan melalui persetujuan revisi Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB).

Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Mineral Ditjen Mineral dan Batu bara Kementerian ESDM, Yunus Saefulhak mengatakan bahwa penambahan kuota produksi PTFI yang disetujui dalam revisi RKAB berkisar di angka 500.000 ton konsnetrat tembaga, sehingga secara total akan menjadi 700 ribu ton.

Padahal untuk kuota 8 Maret 2019 rekomendasi untuk izin ekspor tembaga sebanyak 198 ribu wet ton. Kendati demikian, penambahan kuota ini akan berlaku satu tahun sejak awal rekomendasi izin bulan Maret.

"Sudah selesai, sudah keluar. Sudah keluar izinnya," kata dia di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (13/9).

Meskipun ada tambahan kuota ekspor tidak akan mempengaruhi target produksi yang sudah ditetapkan, sehingga produksi dari PTFI diperkirakan akan tetap sekitar 1,2 juta ton. Oleh karena itu, ia menilai masih perlunya melakukan optimalisasi lapangan tambang yang ada saat ini.

"Waktu RKAB pertama karena (produksi) turun, karena dianggap permukaannya tidak bisa berproduksi, yang tambang permukaan di Grasberg. Sekarang setelah dilakukan kajian lagi masih bisa dioptimalisasi dengan memanfaatkan apa yang sudah ada untuk berproduksi," ungkap dia.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN