Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Garuda Indonesia di Bandara Adisoetjipto Yogyakarta. Foto: Investor Daily/Gora Kunjana

Garuda Indonesia di Bandara Adisoetjipto Yogyakarta. Foto: Investor Daily/Gora Kunjana

Fuad Rizal Resmi Ditunjuk Jadi Plt Dirut Garuda

Sabtu, 7 Desember 2019 | 23:55 WIB
Triyan Pangastuti ,Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id -Fuad Rizal ditunjuk dan ditetapkan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Garuda Indonesia oleh Dewan Komisaris maskapai pelat merah tersebut. Hal itu dilakukan Dewan Komisaris Garuda Indonesia menyusul kebijakan Kementerian BUMN yang membebastugaskan Ari Askhara dari jabatan Direktur Utama per 5 Desember 2019 karena diduga melakukan penyelundupan suku cadang motor Harley Davidson dan sepeda Brompton.

Penetapan Fuad Rizal sebagai Direktur Utama Garuda tertuang dalam SK Dewan Komisaris No. DEKOM/SKEP/011/2019 tertanggal 5 Desember 2019. Selain sebagai Plt, Fuad Rizal juga tetap melaksanakan tugasnya sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko. Penetapan Fuad Rizal sebagai Plt Direktur Utama Garuda Indonesia akan berlaku hingga dilaksanakannya Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) dalam waktu dekat ini.

VP Corporate Secretary Garuda Indonesia Ikhsan Rosan mengatakan, Plt Direktur Utama Garuda Fuad Rizal akan memastikan kegiatan bisnis dan operasional BUMN penerbangan tersebut tetap berjalan sesuai rencana kerja perseroan.

Fuad Rizal, Plt Garuda Indonesia.
Fuad Rizal, Plt Garuda Indonesia.

Selanjutnya, Garuda Indonesia akan melaksanakan hal-hal terkait dengan pelaksanaan RUPSLB sesuai dengan ketentuan anggaran dasar dan peraturan terkait lainnya. “Pada kesempatan ini, Garuda turut menegaskan bahwa perseroan akan melakukan evaluasi secara berkesinambungan dalam proses bisnis yang berjalan serta berkomitmen untuk terus mengedepankan dan melaksanakan prinsip tata kelola perusahaan yang baik dengan mematuhi aturan yang berlaku,” tandas Ikhsan Rosan dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (6/12).

Kepastian penunjukan Fuad Rizal sebagai Plt Direktur Utama Garuda juga disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Staf Khusus Menteri BUMN Ar ya Sinulingga. Budi Karya mengatakan, dirinya telah mendapat konfirmasi bahwa Plt Direktur Utama Garuda adalah Direktur Keuangan Fuad Rizal.

“Sudah ada konfirmasi, Plt Dirut Garuda adalah Direktur Keuangan. Terkait pengawasan keselamatan penerbangan tidak masalah karena ditangani Direktur Operasi dan Direktur Teknik, jadi sudah sesuai kualifikasi, tentu keamanan tidak bermasalah,” kata Menhub usai konferensi pers tentang Transport Ministers Meeting and Related Meetings, kemarin.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, pertimbangan terpilihnya Fuad Rizal sebagai Plt Direktur Utama Garuda karena yang bersangkutan memiliki latar belakang keuangan

Barang bukti kasus penyelundupan Harley-Davidson di pesawat Garuda yang disampaikan dalam konpers Menkeu Sri Mulyani, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi. Foto: Humas Kementerian Keuangan
Barang bukti kasus penyelundupan Harley-Davidson di pesawat Garuda yang disampaikan dalam konpers Menkeu Sri Mulyani, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi. Foto: Humas Kementerian Keuangan

Di tengah kasus penyelundupan, Kementerian BUMN menginginkan kegiatan operasional Garuda tetap berjalan. Selain itu, berdasarkan data manifest pesawat Airbus A330- 900 NEO yang membawa Harley Davidson dan dua sepeda Brompton selundupan, tidak tercantum nama Fuad Rizal. “Kita kompak dengan Kemenhub, Plt Direktur Utama adalah Direktur Keuangan. Yang pasti Pak Fuad tidak ada di penerbangan, kita ingin operasional jalan juga, dia juga orang keuangan,” kata Arya.

Namun demikian, kata Arya, Fuad Rizal hanya akan mengemban wewenang sebagai Direktur Utama sampai dengan RUPLSB perusahaan beberapa waktu mendatang guna menentukan direktur utama definitif. “Plt ini bukan untuk waktu yang tetap, yang utama nanti kita liat siapa direktur utama dan direksi yang ditetapkan dan siapa direksi lainnya yang akan ditetapkan,” ujar dia.

Dihubungi terpisah, pengamat penerbangan Dudi Sudibyo merespons positif penunjukan Fuad Rizal sebagai Plt Direktur Utama Garuda. Alasannya, Fuad Rizal adalah orang dalam Garuda sehingga memiliki peluang besar untuk memperbaiki komunikasi dengan seluruh karyawan Garuda. Dari respons yang muncul pascapencopotan Ari Askhara tampak bahwa sebagain karyawan Garuda tidak menyukai yang bersangkutan.

Pengamat penerbangan Dudi Sudibyo. Foto: twitter
Pengamat penerbangan Dudi Sudibyo. Foto: twitter

“Fuad Rizal ini orang dalam sehingga punya modal untuk membangun komunikasi dengan seluruh karyawan Garuda. Bagaimanapun Garuda butuh orang yang membumi supaya program kerja jalan dan tidak ada friksi di dalam Garuda,” jelas dia.

Dudi menjelaskan, Fuad Rizal dan siapapun nantinya yang menjadi Direktur Utama Garuda memiliki pekerjaan rumah besar untuk membenahi Garuda. Pertama, memperbaiki citra diri Garuda pascakasus penyelundupan, hal ini tentu tidak gampang karena dengungnya begitu luar biasa. Kedua, membangun komunikasi yang harmonis dengan seluruh karyawan Garuda sehingga tidak ada gangguan dalam pelaksanaan program kerja. Ketiga, membangun bisnis guna memperbaiki kinerja keuangan. “Perbaikan citra ini sangat mendesak, apalagi saat ini Garuda harus bersaing ketat dengan masuknya maskapai asal Timur Tengah seperti Etihad dan Emirates,” ujar Dudi.

Dudi menuturkan, friksi di Garuda kerap terjadi karena itu upaya membangun komunikasi yang harmonis dengan seluruh karyawan Garuda adalah hal mutlak dilakukan. Jangan sampai direksi atau direktur utama tidak disenangi karyawannya, komunikasi hingga kar yawan level bawah harus dilakukan.

“Kalau untuk memperbaiki kinerja keuangan, dibutuhkan direktur utama yang paham bagaimana eratnya industry penerbangan dengan industri jasa, penumpang adalah raja, untuk itu pramugari hendaknya bisa melayani penumpang dengan sangat baik. Misalnya, buat seragam pramugari yang mudah untuk bergerak dan training kembali pramugari hingga memiliki attitude yang baik sebagai pramugari. Pesawat tidak perlu ditambah, yang perlu dilakukan adalah maintenance ditingkatkan sehingga pesawat lama bisa terasa baru,” ujar Dudi.

Penunjukkan Fuad Rizal sebagai Plt Direktur Utama Garuda juga disambut baik Perhimpunan Hotel Republik Indonesia (PHRI ). Pergantian pimpinan Garuda tersebut diyakini PHRI akan membawa pengaruh lebih baik untuk industri penerbangan dan akan berdampak positif untuk sektor pariwisata khususnya perhotelan.

“Pergantian pimpinan ini kami yakini memberi pengaruh baik buat industri penerbangan pada umumnya dan industri pariwisata pada khususnya,” jelas Ketua PHRI Hariyadi Sukamdani.

Hariyadi Sukamdani. Foto: IST
Hariyadi Sukamdani. Foto: IST

Hariyadi menuturkan, direktur utama Garuda sebelumnya diduga ikut menciptakan kartel tiket pesawat. PHRI melakukan complain paling berat atas langkah tersebut karena upaya kartel telah mendikte pasar sehingga harga tiket pesawat menjadi tidak fair.

Hariyadi mengatakan, pembenahan harga tidak pesawat akan mempengaruhi sektor pariwisata. Kenaikan harga tiket pesawat ikut berpengaruh besar terhadap penurunan jumlah wisatawan. Dampak dari kenaikan tiket pesawat bukan hanya dirasakan oleh penumpang namun juga pengusaha yang bergerak di bidang logistik, sehingga secara keseluruhan hal itu akan berdampak pada inflasi dan pertumbuhan ekonomi domestik. “Bayangkan bukan hanya penumpang yang kena masalah, kargo kan juga jadi mahal, naik tidak kira-kira, ini menganggu sekali,” jelas Hariyadi.

Kondisi harga tiket yang tidak kompetitif bila dibandingkan dengan rute yang sama diharapkan segera dibenahi Kementerian BUMN dan akan membawa hasil positif bagi industri pariwisata dan perhotelan di masa depan. “Kalau bicara LCC (Low Cost Carrier) kita lebih mahal. Pokoknya di mana tidak ada kompetisi pasti harganya mahal. Kalau ada kompetitor, harga murah. Di wilayah Indonesia timur terjadi penurunan kunjungan wisatawan,” ungkap Hariyadi.

Sedangkan Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional (Inaca) Denon Prawiraatmadja mengatakan, pencopotan dan pergantian direksi Garuda tidak akan berimbas langsung kepada operasional penerbangan.

“Kalau jelang Natal dan Tahun Baru enggak ada dampak langsung, operasionalnya tentu tetap berjalan seperti biasa,” kata dia.

Pelanggaran Aturan

Menkeu Sri Mulyani (tengah), Menteri BUMN Erick Thohir (kanan), dan Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi (kiri) dalam jumpa pers kasus penyelundupan Harley lewat Garuda, Kamis (5/12/2019). Foto: Humas Kementerian Keuangan
Menkeu Sri Mulyani (tengah), Menteri BUMN Erick Thohir (kanan), dan Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi (kiri) dalam jumpa pers kasus penyelundupan Harley lewat Garuda, Kamis (5/12/2019). Foto: Humas Kementerian Keuangan

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, penyelundupan suku cadang Harley dan sepeda Brompton merupakan pelanggaran praktik tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Govermence/ GCG). Hal ini berdampak kontraproduktif terhadap upaya mengangkat kinerja dan citra BUMN. Kementerian BUMN sudah mendapatkan laporan dari komite audit bahwa motor Harley Davidson itu milik Direktur Utama Garuda I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra.

Karena itu, Menteri BUMN Erick Thohir memberhentikan Direktur Utama Garuda Ari Askhara. Erick mengatakan bahwa proses pemberhentian itu akan ada prosedurnya lagi mengingat Garuda merupakan perusahaan publik. Terkait itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara terbuka memuji keputusan Menteri Erick yang memecat Direktur Utama Garuda Ari Askhara. “Sudah diputuskan oleh Menteri BUMN. Itu tegas sekali. Saya kira pesannya tegas sekali. Jangan ada yang mengulang seperti itu lagi,” kata Presiden Jokowi di Tangerang, Banten, Jumat (6/12).

Presiden Jokowi menyatakan, keputusan Menteri BUMN yang sangat tegas tersebut menjadi peringatan bagi semua pihak agar jangan melakukan penyelewengan. “Menteri BUMN sudah tegas sekali. Sudah itu pesan untuk semuanya. Jangan main-main,” ujar Jokowi.

Presiden Joko Widodo. Foto: SP/Joanito De Saojoao.
Presiden Joko Widodo. Foto: SP/Joanito De Saojoao.

Sementara itu, menindaklanjuti temuan suku cadang motor Harley Davidson dalam pesawat Garuda lndonesia tipe Airbus A330-900 seri Neo yang datang dari pabrik Airbus di Prancis, Bea Cukai Kementerian Keuangan telah menyampaikan perkembangan penelitian temuan tersebut. Penelitian yang dilakukan Bea Cukai terhadap SAW dan LS masih berlangsung hingga kini. Berdasarkan informasi yang telah disampaikan sebelumnya, Bea Cukai telah melakukan pemeriksaan sarana pengangkut/plane zoeking terhadap pesawat Garuda Indonesia yang datang dari pabrik Airbus di Prancis pada Minggu (17/11).

Kedatangan pesawat tersebut diberitahukan oleh pihak Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA9721 tipe Airbus A330-900 seri Neo. Hasil pemeriksaan Bea Cukai terhadap pesawat tersebut menunjukkan bahwa pada bagian kabin kokpit dan penumpang pesawat tidak diketemukan pelanggaran kepabeanan dan tidak ditemukan barang kargo lain (sesuai dokumen cargo manifest: nil cargo). Namun pemeriksaan pada Iambung pesawat (tempat bagasi penumpang) ditemukan beberapa koper bagasi penumpang dan 18 koli yang keseluruhannya memiliki claimtag sebagai bagasi penumpang. Koper telah dilakukan pemeriksaan dan ditemukan barang-barang keperluan pribadi penumpang sedangkan pemeriksaan terhadap 18 koli tersebut ditemukan 15 koli berisi sparepart motor Harley Davidson bekas dengan kondisi terurai dan tiga koli berisi dua unit sepeda Brompton kondisi baru beserta aksesoris sepeda.

Berdasarkan hasil penelusuran di pasaran perkiraan nilai motor Harley Davidson tersebut berkisar Rp 200-800 juta per unitnya, sedangkan nilai dari sepeda Brompton berkisar Rp 50-60 juta per unitnya, sehingga perkiraan total kerugian Negara Rp 532 juta-1,5 miliar.

Sementara itu, Arya Sinulingga menyoroti dugaan pelanggaran yang dilakukan sejumlah direksi Garuda karena tidak mengantongi izin keluar kota untuk menjemput pesawat baru Garuda di Prancis, sejumlah direksi juga diduga telah melanggar surat edaran Menteri BUMN 12/2015. Keempat direksi yang ada dalam manifest penumpang adalah Direktur Utama I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Askhara, Direktur Teknik dan Layanan Iwan Joeniarto, Direktur Human Capital Heri Akhyar, dan Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha Mohammad Iqbal. “Keempat direktur itu kalau menurut komite audit yang ditandatangani Komisaris Garuda tidak mendapat izin dinas dari Kementerian BUMN,” ujar Arya.

Pesawat terbaru Garuda Airbus 330-900 Neo
Pesawat terbaru Garuda Airbus 330-900 Neo

Apalagi pesawat Airbus A330-900 nerupakan pesawat baru yang belum dioperasikan secara komersial dan seharusnya tidak diperbolehkan membawa kargo. Menurut Arya, berdasarkan penjelasan Komisaris Garuda, pesawat saat tiba di Jakarta langsung menuju Hanggar GMF tanpa parkir di apron.

“Jadi ada itikad tidak baik untuk menghindari pemeriksaan. Menurut komisaris ada potensi pelanggaran pidana dan perdata, tapi semua harus ada pembuktian dari pihak berwajib,” lanjut Arya.

Karena itu, komisaris memberikan rekomendasi kepada Kementerian BUMN untuk mengambil tindakan tegas terhadap pelanggaran yang dilakukan sejumlah direksi Garuda tersebut.

Terkait permasalahan (kasus penyelundupan) yang menimpa Garuda, Dewan Pimpinan Pusat Serikat Karyawan Garuda (Sekarga) mengeluarkan imbauan kepada anggotanya. Yakni, Sekarga menghormati dan menyerahkan sepenuhnya kepada pemegang saham Menteri BUMN untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, agar seluruh anggota Sekarga tetap fokus bekerja dan tetap menjaga profesionalitas dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan Garuda, dan Sekarga akan selalu berkomunikasi dengan semua pemangku kepentingan demi menjaga keberlangsungan Garuda agar semakin baik lagi. (tl/ark/nov)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN