Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
MRT Jakarta di Stasiun MRT Blok M, Jakarta. Foto ilustrasi: Investor Daily/Gora Kunjana

MRT Jakarta di Stasiun MRT Blok M, Jakarta. Foto ilustrasi: Investor Daily/Gora Kunjana

Gangguan Kelistrikan Internal Penyebab Terganggunya Layanan MRT Jakarta

Sabtu, 11 September 2021 | 18:55 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id  - Berkaitan dengan terganggunya layanan operasional MRT Jakarta pada Jumat, 10 September 2021 pukul 13.41 WIB, telah dilakukan investigasi untuk mengetahui kerusakan yang terjadi.

Ditemukan adanya gangguan listrik internal yang disebabkan oleh adanya kerusakan kabel 20 kV yang menghubungkan Gardu Induk Taman Sambas dengan Gardu Traksi di Cipete Raya (CPR) dan Lebak Bulus (LBB).

"MRT Jakarta telah melakukan penyelidikan pada seluruh jalur kelistrikan sehingga dinyatakan aman untuk beroperasi melayani penumpang pada hari ini, 11 September 2021, mulai pukul 06.00 WIB pagi tadi," kata Plt Corporate Secretary Division Head Ahmad Pratomo dalam keterangan resmi, Sabtu (11/9).

Dia menambahkan MRT Jakarta juga telah melakukan perbaikan awal pada sejumlah kabel yang mengalami kerusakan yang sumber gangguan kelistrikan tersebut. Selain itu, MRT 

Jakarta memastikan bahwa perbaikan lanjutan yang diperlukan tidak akan menganggu layanan operasional pada hari ini.

"Tahap berikutnya akan dilakukan investigasi lebih lanjut terkait kondisi panel listrik untuk gardu traksi serta melakukan investigasi secara detail dan menyeluruh pada sistem kelistrikan MRT Jakarta dengan melibatkan Tim Independen untuk mengetahui penyebab kerusakan kabel dan langkah-langkah komprehensif yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kehandalan kelistrikan," ungkap Ahmad.

Dia menuturkan, untuk mencegah kejadian serupa terjadi kembali, MRT Jakarta akan melakukan sejumlah upaya pemulihan operasi dengan meningkatkan kehandalan sistem kelistrikan.

"MRT Jakarta menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat pengguna layanan MRT Jakarta atas ketidaknyamanan yang diakibatkan dari adanya gangguan yang terjadi kemarin. Kami juga menyampaikan apresiasi kepada PLN yang telah membantu dalam proses investigasi serta perbaikan terhadap sistem kelistrikan MRT Jakarta," papar dia.

MRT Jakarta, ujar Ahmad, senantiasa berkomitmen untuk menempatkan aspek keamanan dan keselamatan penumpang sebagai prioritas utama. Untuk mempercepat upaya perbaikan sistem kelistrikan, pada 11 - 12 September 2021 MRT Jakarta melakukan kebijakan perubahan sementara jam operasional yang semula sampai pukul 21.30 WIB menjadi sampai pukul 19.00 WIB dengan jarak waktu tempuh antar kereta 20 menit.

"Keamanan serta keselamatan penumpang merupakan prioritas utama MRT Jakarta," tutup Ahmad.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN