Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan

Gernas BBI 2022 Fokus di Pendampingan UMKM

Senin, 29 November 2021 | 13:41 WIB
Herman

JAKARTA, investor.id  – Untuk mengejar target 30 juta usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) terhubung ke dalam platform digital pada akhir 2023, pemerintah akan terus menggulirkan program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang diluncurkan 14 Mei 2020 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan, kolaborasi telah menjadi kekuatan Gernas BBI. Karenanya, konsep BBI 2022 akan terus diperkuat melalui kolaborasi dengan berbagai stakeholder, termasuk dengan pemerintah daerah.

“Tahun depan kita mulai terapkan konsep harvesting atau panen UMKM. Beri pendampingan UMKM dengan durasi minimal 3 bulan di tiap provinsi, dan di sini peran pemda atau gubernur sangat penting,” kata Luhut Binsar Pandjaitan dalam puncak Acara Gernas BBI, Senin (29/11/2021).

Luhut juga berharap kesempatan ini dapat dimanfaatkan oleh Bank Indonesia dan koordinator kampanye (campaign manager) Gernas BBI untuk mendorong investasi bagi UMKM di daerah, bantuan insentif promosi, hingga mendorong pemanfaatan program Digital Kredit UMKM (DigiKU) dari Himbara sebagai solusi pembiayaan yang aman.

“Saya berharap, konsep ini dapat mendukung pengembangan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional,” kata Luhut.

Dari data Kementerian Koperasi dan UKM, saat ini jumlah UMKM di Indonesia mencapai 64.194.056, di mana yang sudah onboarding ke dalam ekosistem digital telah mencapai 16,4 juta. Jumlah ini meningkat 8,4 juta unit dibandingkan kondisi sebelum pandemi Covid-19 atau sebelum Gernas BBI diluncurkan yang sebanyak delapan juta unit.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyampaikan sambutan secara daring di puncak Acara Gernas BBI, Senin, 29 November 2021.
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyampaikan sambutan secara daring di puncak Acara Gernas BBI, Senin, 29 November 2021.

Di acara yang sama, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki juga menyampaikan bahwa akselerasi transformasi digital UMKM sangat krusial, apalagi diproyeksikan kekuatan ekonomi digital Indonesia akan tumbuh delapan kami mencapai Rp 4.531 triliun pada 2030. Transformasi digital UMKM secara utuh serta pendekatan dari hulu ke hilir menjadi keniscayaan agar ekonomi digital dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Digitalisasi juga harus hadir bersama. Inovasi model bisnis, kemitraan strategis, pendampingan yang berkelanjutan, value creation dari produknya yang relevan dengan permintaan pasar itu penting, sehingga UMKM menjadi usaha yang kuat,” kata Teten Masduki. 

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN