Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam acara Hari Apresiasi Garda Transfumi pada Kamis (24 November 2021).

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam acara Hari Apresiasi Garda Transfumi pada Kamis (24 November 2021).

Gernas BBI Aroma Maluku Dorong Transformasi Digital UMKM

Senin, 29 November 2021 | 19:29 WIB

JAKARTA, investor.id - Kementerian Koperasi dan UKM bersinergi dengan Kementerian Pendidikan, Budaya, dan Ristek (Kemendikbudristek) dalam menggelar puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) bertajuk #AromaMaluku, Senin (29/11).

"Harapan saya, Gernas BBI Maluku ini dapat menjadi katalis transformasi digital UMKM, khususnya di wilayah timur, menjadi role-model sinergi dan kolaborasi dan inovasi dari UMKM kebanggaan Indonesia," pungkas Menkop UKM Teten Masduki dalam keterangan tertulisnya.

Sejak diinisiasi pada Mei 2020, Gernas BBI sudah menghantarkan total 8,4 juta pelaku UMKM hadir dalam ekosistem digital.

"Ini artinya tumbuh 100% lebih dalam waktu 1.5 tahun," imbuh Menkop UKM.

Akselerasi transformasi digital UMKM, lanjutnya, sangat krusial, karena diproyeksikan kekuatan ekonomi digital Indonesia akan bertumbuh 8 kali hingga mencapai Rp4.531 triliun.

“Transformasi digital UMKM secara utuh, pendekatan dari hulu ke hilir, menjadi keniscayaan agar ekonomi digital dapat dimanfaatkan untuk sepenuh-penuhnya kesejahteraan masyarakat," jelas Teten.

Teten menilai, digitalisasi harus hadir bersama inovasi model bisnis, kemitraan strategis dengan ragam pihak, pendampingan yang berkelanjutan, hingga value creation dari produknya yang relevan dengan permintaan pasar terkini.

Lebih lanjut, Teten menambahkan, ini merupakan momen baik untuk menghadirkan UMKM lokal yang bereksplorasi pada keunggulan domestik Maluku untuk bersaing di level nasional dan global. Dari sisi narasi, sumber daya berbasis kreativitas dapat menjadi keunggulan domestik yang patut dipetakan dan dikembangkan.

"Keunggulan domestik Maluku sangat bervariasi, dari aspek sumber daya yang dihadirkan alam, produk perikanan seperti lumbung ikan nasional, pertanian untuk rempah-rempah, hingga potensi wisata bahari," papar Teten..

Editor : Jayanty Nada Shofa (JayantyNada.Shofa@beritasatumedia.com)

Sumber : PR

BAGIKAN