Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Hutan Kota. Foto ilustrasi: IST

Hutan Kota. Foto ilustrasi: IST

Hari Hutan Indonesia: Hutan Harus Dijaga

Sabtu, 8 Agustus 2020 | 10:04 WIB
Ridho Syukra (ridho.syukra@beritasatumedia.com )

JAKARTA, investor.id - Hari Hutan Indonesia diperingati setiap tanggal 7 Agustus setiap tahunnya, untuk merayakan Hari Hutan Indonesia pada tahun ini, Kemitraan Partnership mengadakan Festival Hari Hutan Indonesia secara virtual dan disiarkan langsung dari channel You Tube pada pukul 18.00 WIB.

Festival Hari Hutan Indonesia dimeriahkan oleh penyanyi Shae, Pongki Barata, dan diisi dengan Talk Show yang melibatkan pencinta alam seperti Ramon Tungka dan Mahatma Putra.

Hutan merupakan fondasi kehidupan makhluk hidup dengan beragam manfaat, dan Hutan mempunyai enam pilar yang tidak bisa dilepaskan yaitu udara bersih, air, keanekaragaman hayati, dampak sosial, kesehatan dan iklim.

Enam pilar tersebut saling berkaitan dan sudah menjadi satu kesatuan, jika hutan tidak dilindungi maka akan berdampak pada keberlangsungan kehidupan makhluk hidup termasuk manusia.

Fakta menarik yang bisa ditemukan di dalam hutan adalah menyimpan sejumlah obat obatan penting, hutan memiliki ribuan tanaman, ada tanaman yang sudah ditemukan dan diolah menjadi obat, ada juga tanaman yang belum ditemukan dan berpotensi menjadi obat.

Kemudian hutan bisa mengurangi bencana alam seperti banjir dan mengurangi tanah longsor, asalkan pohon pohonya dilindungi maka bencana alam bisa dicegah dari awal.

Hutan merupakan rumah bagi tumbuhan dan hewan, dan merupakan rumah yang paling nyaman dan aman bagi mereka dan bisa dikatakan sebagai istana kehidupan flora dan fauna.

Salah Satu Pecinta Alam Ramon Tungka mengatakan, hutan seperti dunia baru dimana ia merasakan arti kehidupan yang sebenarnya karena masih ditemukan udara bersih dan spesies langka yang harus dilindungi.

Ia mengatakan udara yang keluar dari pepohonan di hutan sangat sejuk dan alami sehingga baik untuk kesehatan.

“Saya suka mendaki gunung dan melewati hutan ditambah Indonesia mempunyai kekayaan alam yang indah , hutan yang masih hijau,” ujar dia.

Ia mengatakan cara merawat hutan adalah dengan tidak menebang pohonnya dan mengurangi pembakaran lahan.

Hutan harus dilindungi dan dibiarkan tumbuh hijau karena bermanfaat bagi kehidupan makhluk hidup, jika hutan dibakar maka akan menimbulkan masalah dengan negara tetangga karena asapnya.

Ia mengajak agar masyarakat tetap melindungi hutan dan menjaga kelestariannya, hutan juga akan membawa kesehatan mental dan emosional bagi manusia karena ketika berada di hutan sangat berbeda dan tidak terjadi polusi.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN