Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Hari pertama pengoperasian penuh Bandara YIA, Minggu (29/3/2020)  berjalan lancar

Hari pertama pengoperasian penuh Bandara YIA, Minggu (29/3/2020) berjalan lancar

Hari Pertama Pengoperasian Penuh YIA Berjalan Lancar

Thresa Sandra Desfika, Minggu, 29 Maret 2020 | 20:48 WIB

JAKARTA, investor.id - Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo, Yogyakarta beroperasi secara penuh pada Minggu (29/3), sebagian besar penerbangan komersial pesawat jet di Bandara Adisutjipto dipindahkan ke YIA.

Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) I Faik Fahmi mengungkapkan, hari pertama pengoperasian penuh YIA berjalan lancar, dengan penerbangan pertama hari ini dilakukan Batik Air ID 6371 pukul 06.10 WIB tujuan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta.

Sedangkan jadwal kedatangan pertama adalah Lion Air JT 544 pukul 06:05 WIB dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pemangku kepentingan, baik dari seluruh jajaran kementerian yang terlibat, Kejaksaan, pemerintah daerah, lembaga masyarakat, para profesional, akademisi, dan lainnya, yang telah membantu penyelesaian YIA," ungkap Faik Fahmi dalam keterangannya, Minggu (29/3).

Dirut Angkasa Pura I Faik Fahmi. Foto: Investor Daily/Primus Dorimulu
Dirut Angkasa Pura I Faik Fahmi. Foto: Investor Daily/Primus Dorimulu

Menurut dia, dengan beroperasi penuhnya YIA, saat ini  tersisa 115 penerbangan domestik karena dampak pandemi Virus Korona. Sedangkan, untuk penerbangan internasional di YIA, terdapat penghentian operasional sementara dari pihak maskapai hingga 11 Mei 2020 mendatang sebagai upaya pencegahan penyebaran lebih jauh Covid-19.

Sedangkan, di Bandara Adisutjipto, terdapat penambahan penerbangan dengan pesawat baling-baling menjadi total 59 penerbangan dari 29 penerbangan dengan rute dari dan ke Bandung sebanyak 19 penerbangan (Citilink, Wings Air, Nam Air, dan Trans Nusa), Jakarta-Halim Perdanakusuma sebanyak 10 penerbangan (Citilink), Malang sebanyak 4 penerbangan (Citilink dan Trans Nusa), dan Surabaya sebanyak 26 penerbangan (Wings Air, Citilink, dan Trans Nusa).

Setelah beroperasi penuh, ujar Faik, maka mulai 29 Maret 2020 YIA akan beroperasi selama 24 jam dan akan melayani penerbangan niaga berjadwal dan tidak berjadwal rute dalam negeri dan luar negeri.

Yaitu untuk pesawat jenis jet dan propeller; penerbangan nonniaga atau carter rute luar negeri (VIP dan non-VIP); serta penerbangan kargo komersial dan nonkomersil baik dalam negeri dan luar negeri.

Sedangkan, waktu operasional Bandara Internasional Adisucipto (JOG) mengalami perubahan dari semula pukul 05:00 WIB – 21:00 WIB menjadi pukul 05:00 WIB – 18:00 WIB dan hanya akan melayani penerbangan komersial berjadwal dan tidak berjadwal dalam negeri untuk pesawat jenis propeller; penerbangan nonkomersial (carter) dalam negeri; dan penerbangan nonkomersial (carter) luar negeri (VIP dan VVIP).

"Pengoperasian penuh YIA ini merupakan milestone penting bagi Angkasa Pura I mengingat kondisi Bandara Adisucipto yang sudah mengalami lack of capacity (8 juta penumpang dengan kapasitas yang hanya untuk 1,8 juta per tahun)," sebut Faik.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN