Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Proyek Padat Karya Tunai  (PKT) kementerian PUPR

Proyek Padat Karya Tunai (PKT) kementerian PUPR

Hingga Juli, PUPR Salurkan Rp 4,8 T untuk Program Padat Karya

Kamis, 23 Juli 2020 | 20:30 WIB
Muawwan Daelami (muawwan@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tercatat hingga 23 Juli 2020 telah menyalurkan Rp 4,8 triliun atau 42,7% untuk program rutin Padat Karya Tunai (PKT) dengan serapan sebanyak 387.549 orang.

"PKT PUPR disalurkan melalui pembangunan infrastruktur dengan melibatkan masyarakat setempat sebagai pelaku pembangunan khususnya infrastruktur berskala kecil yang tidak membutuhkan teknologi," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam pernyataan resminya yang diterima Investor Daily, Kamis (23/7).

Tujuannya, agar daya beli masyarakat perdesaan terjaga dan menstimulasi pemulihan ekonomi. Basuki memastikan pola pelaksanaan PKT PUPR nantinya akan lebih memerhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran  Covid-19.

Diketahui, angggaran PKT PUPR utamanya dibelanjakan melalui Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI), Pemeliharaan Rutin Jalan dan Jembatan, serta Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW).

Proyek Padat Karya Tunai  (PKT) kementerian PUPR
Proyek Padat Karya Tunai (PKT) kementerian PUPR

Termasuk program lain seperti penataan Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU), Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3R), Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas), Pembangunan Baru dan Peningkatan Kualitas Rumah Swadaya.

Di Bidang Sumber Daya Air (SDA), PUPR mendistribusikan anggaran PKT dengan memberi dukungan terhadap manajemen BBWS atau BWS, operasi dan pemeliharaan sarana prasarana SDA, pengelolaan bendungan, danau, dan bangunan penampung air lainnya.

Sementara di bidang Bina Marga, anggaran program PKT disalurkan PUPR melalui preservasi jalan di 282 lokasi, pembangunan jalan di 51 lokasi, pembangunan jembatan di 69 lokasi, dan OP Jalan Bebas Hambatan dan Perkotaan (JBHP) di 36 lokasi.

Proyek Padat Karya Tunai  (PKT) kementerian PUPR
Proyek Padat Karya Tunai (PKT) kementerian PUPR

Sedangkan di bidang Cipta Karya, program PKT tersebar di 274 lokasi meliputi pengembangan kawasan permukiman, pembangunan dan rehabilitasi prasarana pendidikan, pengembangan sarana prasarana olahraga, pasar, pembinaan dan pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), penataan bangunan dan lingkungan.

Kemudian di bidang Perumahan, program padat karya disalurkan PUPR melalui peningkatan kualitas Prasarana dan Sarana Umum (PSU) di komplek perumahan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dengan jumlah 303 penerima manfaat di 69 lokasi.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN