Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Hutama Karya Tower. Foto: IST

Hutama Karya Tower. Foto: IST

Hutama Fokus Jadi Spesialisasi Konstruksi Jalan Tol

Senin, 19 April 2021 | 14:27 WIB
Muawwan Daelami (muawwan@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id   - PT Hutama Karya (Persero) bakal mengandalkan kompetensi konstruksi jalan dan industri terkait (road and related industry) sebagai spesialisasi perseroan. Meski demikian, Hutama Karya akan tetap mengembangkan industri turunan.

"Jadi, bukan berarti kita hanya akan menerima pekerjaan dari sektor konstruksi jalan tol, highway, dan lainnya. Tetapi juga kita mengembangkan industri turunan misalnya kita punya row jaringan tegangan tinggi, fiber optic, dan railway," ucap Wakil Direktur Hutama Karya Aloysius Kiik Ro baru-baru ini.

Menurut dia, spesialisasi di bidang konstruksi jalan dan industri terkait ini merupakan suatu potensi bisnis yang bisa dikembangkan dan Hutama Karya ingin menjadi champion di bidang tersebut.

Selain itu, spesialisasi juga menjadi keunggulan dari masing-masing Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang sudah disepakati bersama berdasarkan resources dan human capital yang dimiliki.

Lebih dari itu, spesialisasi juga bukan berarti Hutama Karya tidak masuk dalam segmen-segmen bisnis konstruksi lain. Tetapi dengan membentuk spesialisasi, Hutama Karya akan mampu mengurangi overlapping. Sehingga waktu dan resources yang dimiliki bisa dicurahkan secara khusus untuk membangun spesialisasi tersebut.

"Untuk Hutama Karya, kita menjadi champion di bidang road dan related industries. Jadi, kita adalah mimpi kita yang sekarang sudah kita mulai yaitu membangun infrastruktur baik yang terkait maupun tidak dengan jalan merupakan keunggulan dari Hutama Karya," ujar Aloysius.

Di luar itu, perseroan juga bakal fokus pada empat segmen lain yaitu sub Project Management Office (PMO) specialization, sub PMO Core Competency, sub PMO Dashboard, dan sub PMO Financial and Governance Policies.

Keputusan tersebut, kata Aloysius, merupakan hasil dari kesepakatan PMO yang mana bila difokuskan lagi akan mengerucut pada Engineering Procurement and construction (EPC) dan precast industry

"Jadi, empat fokus lain itu adalah fokus segmen. Tapi yang benar-benar diungguli adalah toll road dan related industry," jelas Aloysius.

Sementara itu, Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Budi Harto menambahkan ke depan Hutama Karya sebagai BUMN konstruksi harus hadir untuk menyelesaikan masalah termasuk penguasaan teknologi yang harus dikuasai.

"Kami harus berkembang. Namun demikian, kami juga harus memerhatikan kemampuan keuangan kami," tutup Budi.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN