Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Penjelasan tentang energy monitoring system (EMS). Dibutuhkan perangkat power meter digital, baik single phase atau three phase untuk mengukur konsumsi energy. 
EMS memudahkan pengguna energy dalam memonitoring dan mengontrol energy. Sehingga tujuan efisiensi energy dapat tercapai.

Penjelasan tentang energy monitoring system (EMS). Dibutuhkan perangkat power meter digital, baik single phase atau three phase untuk mengukur konsumsi energy. EMS memudahkan pengguna energy dalam memonitoring dan mengontrol energy. Sehingga tujuan efisiensi energy dapat tercapai.

IAPMO: Pentingnya Manajemen Energi untuk Menghindari Krisis

Euis Rita Hartati, Sabtu, 9 November 2019 | 22:55 WIB

JAKARTA, investor.id - Seiring perkembangan jumlah populasi manusia, maka semakin besar pula konsumsi energi. Kemungkinan akan adanya krisis energi merupakan suatu tantangan yang perlu dicari jalan keluarnya. Karenanya, manajemen energi menjadi satu solusi untuk mengatasi krisis energi tersebut.

Manajemen energi dapat memetakan bagian mana saja yang mempunyai tingkat konsumsi tinggi sehingga perlu perlakuan khusus baik dengan rekayasa engineering atau perawatan secara optimal.

Pada event Indonesia Sustainable Construction and Plumbing (ISCOP), IAPMO Group Indonesia memberikan paparan mengenai optimalisasi dan efisiensi manajemen energi listrik tentang cara menganalisa serta mengatur penggunaan energi pada suatu industri.

Sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM No. 14 tahun 2012 tentang Manajemen Energi, pengguna energi lebih besar atau sama dengan 6000 ton minyak wajib melakukan manajemen energi. Dengan adanya peraturan ini diharapkan pelaku industri dapat senantiasa menurunkan tingkat konsumsi energinya setiap tahun.

IAPMO Group Indonesia merupakan salah satu lembaga yang dapat melakukan audit energi maupunsertifikasi sistem manajemen energi berdasarkan standar ISO 50001:2018 pada perusahaan maupun industri. Audit energi merupakan proses evaluasi pemanfaatan energi dan identifikasi peluang penghematan energi serta rekomendasi peningkatan efisiensi pada pengguna sumber energi. Energi yang efisien artinya energi yang digunakan memenuhi kebutuhan secara optimal ujar Antonius Agung - Energy auditor and electrical specialist IAPMO group indonesia

Selain itu, Universitas Udayana memberikan paparan ilimah mengenai sistem perpipaan pompa dan paparan ilmiah dari Universitas Syiah Kuala mengenai plambing dankebutuhanmasyarakat terhadapair bersih. Dengan adanya pengembangan sistem dan produk melalui hasil riset diharapkan dapat berkontribusi terhadap pemanfaatan energi.

Selain IAPMO Group Indonesia, GPCI, dan APIN, event ini juga didukung oleh Kementerian Perindustrian, Badan Standarisasi Nasional (BSN), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pekerjaan dan Perumahan Rakyat, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), PT Anugerah Extravisi Raya (AER), PT Wahana Duta Jaya Rucika, IWSH (International Water and Sanitary Hygiene Foundation), PT Mowilex Indonesia, Arwana Ceramics, serta Green Building Council Indonesia (GBCI). ISCOP 2019 juga didukung Konstruksi Indonesia, Indonesia Infrastructure Week, dan Intertraffic.

IAPMO Group Indonesia, Green Product Council Indonesia (GPCI), dan Asosiasi Plambing Nasional (APIN) membuat event bertajuk Indonesia Sustainable Construction and Plumbing (ISCOP). Event bertemakan “Advancing Sustainable Construction Materials and Plumbing System for A Sustainable Future” ini diselenggarakan pada 6 – 8 November 2019 di JI Expo, Jakarta.

Berdiri sejak 1926, IAPMO menyelaraskan pengembangan dan adaptasi dari sistem plambing, mekanis, kolam renang dan energi solar untuk dapat memenuhi peraturan yang berlaku baik di Amerika Serikat maupun negara lain. Banyak persyaratan yang terdapat pada Uniform Plumbing Code (UPC®) bertujuan untuk melindungi kesehatan dan keamanan lebih dari setengah jumlah umat manusia. Standar Sistem plambing seperti Standar Nasional Indonesia, SNI 8153:2015, -Sistem Plambing Pada Bangunan Gedung- mengadopsi banyak persyaratan dari UPC, membantu meminimalkan resiko dan memastikan keamanan air minum yang sehat serta sanitasi.

Didirikan tahun 2016, layanan PT IAPMO Group Indonesia telah berkembang tidak hanya industri plambing. Layanan kami meliputi pengujian dan sertifikasi produk mencakup bahan bangunan seperti ubin keramik, cat, gipsum, HPL, kaca dll; peralatan plambing seperti kloset duduk, keran, pipa plastik/logam, produk logam seperti peralatan makan (sendok garpu/peralatan masak), dll. Selain itu juga inspeksi hygene dan sanitasi jasaboga untuk restaurant, perhotelan, dan bangunan publik lainnya. Untuk peralatan plambing tidak hanya pasar Indonesia namun mencakup pasar internasional seperti Saudi Arabia, Australia, Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Malaysia, Kenya , Filipina, dll.

PT IAPMO Group Indonesia juga memberikan layanan sertifikasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2015, sistem manajemen lingkungan ISO 14001:2015, sistem manajemen keselamatan ISO 45001:2015, dan sistem manajemen energi. Kemudian sertifikasi personel untuk keahlian plambing serta layanan pelatihan sesuai kebutuhan pelanggan.

Sebagai Lembaga Penilai Kesesuaian, PT IAPMO Group Indonesia telah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional sebagai Lembaga Sertifikasi Produk (LSPro-054-IDN), Lembaga Pengujian (LP-1079-IDN), Lembaga Sertifikasi manajemen mutu (LSSM-043-IDN) dan lingkungan (LSSM-016-IDN), Lembaga Sertifikasi Personel (LSP-019-IDN) dan saat ini sedang dalam proses yaitu sebagai Lembaga inspeksi.


 

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA