Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Direktur Utama Lintasarta Arya Damar dalam acara Investor Daily Summit sesi diskusi Memacu Pariwisata, Membangun Ekonomi Daerah, Kamis, 15 Juli 2021.

Direktur Utama Lintasarta Arya Damar dalam acara Investor Daily Summit sesi diskusi Memacu Pariwisata, Membangun Ekonomi Daerah, Kamis, 15 Juli 2021.

INVESTOR DAILY SUMMIT 2021

ICT Berperan Penting Dorong Kemajuan Pariwisata

Kamis, 15 Juli 2021 | 11:32 WIB
Herman

JAKARTA, investor.id  –  Direktur Utama Lintasarta Arya Damar mengungkapkan, Information Communication Technology (ICT) memiliki peran yang penting dalam kemajuan pariwisata di Indonesia.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur ICT saat ini sudah menjadi keharusan hingga menjangkau daerah 3T (terdepan, terpencil, tertinggal), sehingga pembangunan daerah bisa dilakukan melalui smart city maupun smart tourism.

Selain itu, digitalisasi juga menjadi bagian penting untuk mendorong ekonomi daerah melalui smart city. Antara lain melalui implementasi QRIS untuk contactless payment, e-UMKM, e-tourism, dan e-farmer.

“Kalau kita bayangkan saat ini misalnya menonton film di Youtube, itu kan ada aplikasinya dan letak film-film itu ada di satu server besar yang disebut Cloud. Kita juga perlu membangun aplikasi-aplikasi ini sehingga bisa digunakan oleh masyarakat dan pemerintah. Bagimana ini? Diletakkan di mana? Sekarang Kominfo sudah sedemikian majunya, menyediakan cloud untuk pemerintah, mereka punya virtual private server (VPS) Kominfo untuk melayani aplikasi-aplikasi yang terpusat, baik di kota atau kabupaten,” ungkap Arya Damar dalam acara Investor Daily Summit hari ke-3 pada sesi diskusi Memacu Pariwisata, Membangun Ekonomi Daerah, Kamis (15/7/2021).

Lintasarta sendiri sebagai perusahaan ICT dalam negeri juga menyediakan cloud bagi para pengguna untuk bisa men-generate aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan untuk kemudahan tourism, misalnya aplikasi hotel digital check in, contactless payment dan lainnya.

“Aplikasi-aplikasi ini yang berjalan di dalam infrastruktur ICT yang ada sekarang, dan ini yang kita dorong kepada seluruh daerah supaya membangun ini, istilahnya membangun smart city, smart tourism, supaya turis-turis datang ke Indonesia,” kata Arya.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN