Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
IDSurvey mendukung penuh peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN) karena dapat berkontribusi besar terhadap peningkatan produktivitas serta berdampak pada pertumbuhan ekonomi negara. (Foto: Ist)

IDSurvey mendukung penuh peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN) karena dapat berkontribusi besar terhadap peningkatan produktivitas serta berdampak pada pertumbuhan ekonomi negara. (Foto: Ist)

IDSurvey Layani Verifikasi TKDN Pelaku Usaha

Kamis, 28 April 2022 | 21:06 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Holding BUMN Jasa Survei atau IDSurvey mendukung penuh peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN) karena dapat berkontribusi besar terhadap peningkatan produktivitas serta berdampak pada pertumbuhan ekonomi negara sejalan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2018 tentang Pemberdayaan Industri.

“Dalam mendorong peningkatan penggunaan produk dalam negeri, IDSurvey memiliki layanan jasa sebagai verifikator untuk sertifikasi tingkat komponen dalam negeri (TKDN) melalui PT Surveyor Indonesia dan PT Sucofindo,” kata Direktur Operasi PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) Mohamad Cholil dalam keterangannya dikutip Kamis (28/4/2022).

Baca juga: Bank BJB Dorong Transaksi Non Tunai dan Digitalisasi Donasi

Cholil menambahkan bahwa jasa PT Surveyor Indonesia dan PT Sucofindo sudah lengkap dengan infrastruktur, auditor yang terakreditasi, serta pengalaman yang mumpuni untuk melayani jasa verifikasi TKDN.

“Selain itu, PT Surveyor Indonesia dan PT Sucofindo juga telah ditunjuk oleh Kementerian Perindustrian sebagai lembaga surveyor dan verifikator TKDN,” ujarnya.

Penunjukan ini berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian No 57/M-IND/PER/7/2006 tentang Penunjukan Surveyor Sebagai Pelaksana Verifikasi Capaian Tingkat Komponen Dalam Negeri.

“Masa mendatang kami akan terus menjaga komitmen ini dan menjalankan penugasan pemerintah, khususnya merealisasikan P3DN. Oleh karena itu, pada momen silaturahmi Ramadan di Surabaya ini, kami juga menyerahkan sertifikat TKDN yang telah diterbitkan oleh Kemenperin kepada pelaku usaha,” ungkap Cholil.

Direktur Komersial PT Surveyor Indonesia Saifuddin Wijaya dan Direktur Komersial PT Sucofindo Darwin Abas menyerahkan sertifikat TKDN kepada dua pelaku usaha di Surabaya, yaitu UD. Steven foundry dan CV Yupi Fiberglass dengan disaksikan oleh Direktur Utama PT Surveyor Indonesia M Haris Witjaksono, dan Direktur Operasi  PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) Mohamad Cholil.

Dalam kesempatan yang sama, Haris Witjaksono mengatakan, pengerjaan TKDN PT Surveyor Indonesia bersama PT Sucofindo berperan dalam melakukan audit untuk kepentingan lelang, pengadaan barang dan jasa, serta konsultansi.

Haris menambahkan, sebagai implementasi komitmen atas P3DN, IDSurvey telah melakukan verifikasi sebanyak 632 pelaku usaha pada periode Januari-April 2022.

“Kami akan terus mendukung dan merealisasikan target Kementerian Perindustrian untuk mengeluarkan 1.250 sertifikat TKDN di tahun 2022,” kata Haris

Sementara itu, Direktur Komersial Sucofindo Darwin Abas menambahkan, Sucofindo juga membantu Kementerian Perindustrian dalam sosialisasi program TKDN kepada pelaku usaha, juga memberikan bimbingan (coaching clinic) mengenai perhitungan TKDN.

Lebih lanjut, Darwin menjelaskan proses pengajuan sertifikasi TKDN. Pertama, pelaku usaha dapat menghubungi lembaga survei independen, Sucofindo atau Surveyor Indonesia. Kemudian, perusahaan menyiapkan dokumen legalitas perusahaan, yaitu nomor induk berusaha (NIB) dan izin usaha industri (IUI)  yang masih berlaku atau pengajuan IUI melalui online single submission (OSS) di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang sudah berlaku efektif untuk tahap pengajuan.

Langkah berikutnya, lembaga survei akan melakukan site visit dan menghitung porsi lokal dan impor dari bahan baku atau material yang digunakan dan tenaga kerja (langsung dan tidak langsung). Kemudian, akan keluar laporan verifikasi, yang nanti akan disetujui dan sertifikat dikeluarkan oleh Kementerian Perindustrian.

Kegiatan di wilayah Surabaya ini merupakan rangkaian terakhir dari Kegiatan Koordinasi dan Silaturahmi Ramadan IDSurvey yang mengiringi Ramadan 1443 H. Sebelumnya, kegiatan Holding Engagement IDSurvey telah terlaksana di beberapa kota yaitu Batam pada 7 April 2022, Jakarta pada 12 April 2022, dan Balikpapan pada 14 April 2022.

Kegiatan Koordinasi dan Silaturahmi Ramadan IDSurvey ini sebagai bentuk penguatan silaturahmi dan kolaborasi antara PT BKI (Persero), PT Sucofindo, dan PT Surveyor Indonesia.

Pada acara silaturahmi ramadan di Balikpapan tersebut, Direktur Utama PT BKI (Persero) Rudiyanto sebagai Lead Holding berharap setelah kegiatan silaturahmi dan koordinasi ini, tiga perusahaan yang tergabung menjadi Holding IDSurvey bisa melakukan proses transisi yang terkonsolidasi dengan baik dengan menyebarkannya ke seluruh karyawan PT BKI (Persero), PT Sucofindo, dan PT Surveyor Indonesia.

Baca juga: One Way Tol Diberlakukan selama 3 Hari ke Depan

“Manajemen yakin bahwa komunikasi antar entitas di setiap wilayah akan menjadikekuatan untuk menyukseskan visi dan misi IDSurvey,” ungkapnya.

Rudiyanto berharap, pada rangkaian pertemuan IDSurvey yang disertai dengan Silaturahmi Ramadan di beberapa wilayah Indonesia ini, komunikasi antar entitas BKI, Sucofindo, dan Surveyor Indonesia akan semakin baik dengan tujuan satu kebersamaan dalam sebuah holding.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN