Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Bank Indonesia. Foto: BeritaSatu Photo/M Defrizal

Bank Indonesia. Foto: BeritaSatu Photo/M Defrizal

IKK April Kembali Masuk Zona Positif.

Senin, 10 Mei 2021 | 11:28 WIB
Triyan Pangastuti

JAKARTA, investor.id - Bank Indonesia (BI) menyebut keyakinan konsumen berangsur meningkat di bulan April, tercermin dari survei indeks keyakinan konsumen (IKK) sebesar 101,5 dan sudah masuk zona optimistis. Keyakinan konsumen meningkat dibandingkan bulan lalu yang masih dalam zona pesimistis atau berada di level 93,4.

Direktur Eksekutif, kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, IKK masuk zona optimis dengan level di atas 100 pada bulan April. Capaian ini merupakan yang pertama di tahun ini, sejak mengalami penurunan atau masuk zona pesimistis sejak April 2020.

“Perkembangan tersebut ditopang oleh meningkatnya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan, tercermin dari Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) April 2021 yang tercatat sebesar 122,6, meningkat dibandingkan 114,1 pada bulan sebelumnya,”tuturnya dalam Laporan Survei Konsumen April, Senin (10/5).

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI
Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI

Adapun pada bulan April 2021, IKK mengalami kenaikan pada seluruh kelompok tingkat pengeluaran, terutama pada responden dengan pengeluaran Rp 2,1 hingga 3 juta per bulan. Dari sisi usia, kenaikan IKK terjadi pada seluruh kelompok usia, terutama pada responden berusia di atas 60 tahun.

“Ditinjau secara spasial, keyakinan konsumen pada April 2021 terpantau meningkat di seluruh kota yang disurvei 18 kota  dengan kenaikan tertinggi terjadi di Kota Padang (18,4 poin), diikuti Bandung (17,8 poin) dan Pangkal Pinang (14,5 poin),” ujarnya.

Sementara itu, persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini (IKE) terpantau masih berada di zona pesimis di level 80,3 namun sudah lebih baik dibandingkan sebelumnya berada di level 72,6.

Perbaikan IKE didorong oleh kenaikan seluruh komponen pembentuknya, dengan kenaikan tertinggi terjadi pada Indeks Penghasilan Saat Ini sebesar 10,2 poin menjadi 88,4.

Tak hanya itu, BI mencatat pada April 2021, persepsi konsumen terhadap penghasilan saat ini dibandingkan 6 bulan sebelumnya menguat, sejalan dengan adanya pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) untuk para pekerja dan peningkatan omset usaha yang terjadi pada periode Ramadhan menjelang Idul Fitri, yang berdampak pada perbaikan penghasilan masyarakat.

“Kenaikan indeks terjadi pada kelompok responden dengan tingkat pengeluaran di bawah Rp5 juta per bulan, jika ditinjau dari sisi usia, indeks mengalami peningkatan pada seluruh kelompok usia, terutama pada kelompok responden berusia 41-50 tahun,”ucapnya.

Persepsi konsumen terhadap penghasilan dan  ketersediaan lapangan kerja saat ini terpantau membaik pada seluruh kelompok pendidikan, terutama pada responden dengan tingkat pendidikan. Keyakinan konsumen yang mulai pulih juga mendorong pembelian barang tahan lama terutama untuk barang elektronik dan perabot rumah tangga, juga membaik.

Dengan kenaikan indeks terjadi pada seluruh kelompok tingkat pengeluaran, terutama responden dengan pengeluaran Rp1-2 juta per bulan.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN