Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Sandiaga Uno. (Foto: Beritasatu Photo)

Sandiaga Uno. (Foto: Beritasatu Photo)

Indef: Sosok Menteri Pengganti Edhy Prabowo Harus dari Profesional

Jumat, 27 November 2020 | 23:58 WIB
Ridho Syukra (ridho.syukra@beritasatumedia.com )

JAKARTA, investor.id - Pasca ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 24 November 2020 terkait ekspor benih lobster yang kemudian ditetapkan sebagai tersangka, Edhy Prabowo resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan pada Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.
Banyak spekulasi yang muncul, siapakah yang cocok dan pantas menggantikan posisi Menteri Kelautan dan Perikanan.

Pengamat Ekonomi Institute for Development and Finance (Indef) Enny Sri Hartarti mengatakan, jabatan sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan merupakan sebuah tanggung jawab besar karena tidak hanya mengurus tentang  kelautan tetapi juga perikanannya dan mencakup kehidupan dan kesejahteraan para nelayan.

Enny Sri Hartati
Enny Sri Hartati

Indonesia sebagai negara maritim harus bisa mengelola kelautan dan perikanannya agar bisa berdaya saing. Jabatan Menteri KKP ini memang seksi ketika dipimpin oleh Susi Pudjiastuti. KKP sangat tenar dan menjadi bahan pembicaraan karena kebijakan yang dikeluarkan Susi sangat out of the box dan tegas seperti penenggelaman kapal.

Isu-isu yang berkaitan dengan kelautan dan perikanan sangat sensitif dan seksi maka dari itu, sosok yang pantas mengisi jabatan sebagai Menteri KP yang baru adalah sosok yang berasal dari profesional dan bukan berasal dari partai.

Sosok profesional lebih bisa dipercaya karena fokus untuk mengurus kelautan dan perikanan, dan tidak terbawa rayuan partai.
Jika seorang profesional sudah mengisi jabatan Menteri maka ia optimistis KKP akan lebih maju dan terhindar dari namanya korupsi karena murni kerja keras dan pemikirannya untuk memajukan KKP.

“Saya tidak menyebutkan nama siapa yang pantas tetapi sosok Menteri KKP harus diisi oleh seorang profesional yang berlatar belakang kelautan dan perikanan,” ujar dia ketika dihubungi Investor Daily, di Jakarta, Jumat (27/11).

Ia menuturkan penduduk Indonesia berjumlah 270 juta, dari jumlah tersebut pasti ahli kelautan dan perikanan mencapai ribuan.

Presiden Joko Widodo harus mempertimbangkan hal tersebut karena sosok profesional sangat dibutuhkan KKP karena KKP ini salah satu Kementerian yang paling disorot.

Ia menjelaskan jika yang terpilih berasal dari partai lagi maka akan terjadi destructive thinking, di satu sisi fokus pada pekerjaan dan di satu sisi lainnya, fokus pada kepentingan partai jadi kesimpulannya pekerjaannya tidak optimal.

Enny mengatakan sektor kelautan dan perikanan harus dikelola dengan baik karena sektor ini sudah berkontribusi besar terhadap ekspor nasional dan buktinya tetap bertahan selama pandemi.KKP butuh sosok baru yang lebih fresh dan tentunya profesional di bidangnya yang murni berasal dari background kelautan dan perikanan.

Anggota Komisi IV DPR dari fraksi PDIP Ono Surono mengatakan jabatan Menteri KKP memang besar karena yang diurus kelautan dan perikanan Indonesia.
Laut Indonesia sangat luas ditambah sumber daya perikanannya yang melimpah jadi sosok yang pantas menggantikan Edhy Prabowo adalah sosok yang benar benar mengerti laut dan nelayan.

Kelautan dan perikanan juga merupakan sektor unggulan terhadap PDB Indonesia dan menyerap tenaga kerja cukup besar terutama untuk nelayan.
Penangkapan Edhy Prabowo terkait ekspor benih lobster oleh KPK memang berita mengejutkan dan tidak diduga.

Nama atau sosok yang pantas menggantikan Edhy Prabowo bisa saja berasal dari partai atau non partai yang jelas, sosok yang baru ini harus bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

Nama Sandiaga Uno ramai dibicarakan sebagai sosok yang pantas duduk di KKP, terkait pemberitaan tersebut, Ono menilai bisa saja Sandiaga atau orang lain dan semuanya tergantung pilihan Presiden.

Di media online ramai dibicarakan sosok Sandiaga Uno dan Fadli Zon berpeluang menjadi Menteri Pengganti Edhy Prabowo, kursi KKP tetap diberikan Joko Widodo untuk Partai Gerindra.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN