Menu
Sign in
@ Contact
Search
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: MADE NAGI/POOL/AFP)

Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: MADE NAGI/POOL/AFP)

Indonesia Mau Jadi Negara Maju? Ini Syarat Paling Penting, Kata Menkeu

Jumat, 12 Agustus 2022 | 21:21 WIB
Triyan Pangastuti (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa peningkatan inklusi keuangan dan literasi keuangan merupakan syarat terpenting bagi Indonesia untuk bisa menjadi negara berpenghasilan tinggi.

"Di dalam melakukan literasi dan inklusi keuangan tentu perlu bersama-sama dengan pihak yang menyediakan dan menciptakan instrumen-instrumen secara bertanggung jawab," ucapnya dalam acara "LIKE IT: Sustain Habit in Investing, Invest in Sustainable Instruments" yang dipantau secara daring, Jumat (12/8/2022).

Baca juga: Fed Diperkirakan Bertahan Naikkan Suku Bunga Hawkish

D isisi lain, dia mengajak masyarakat untuk terus mewaspadai berbagai instrumen yang mampu untuk menciptakan hal-hal yang tidak baik, yakni merugikan investasi serta mengarah ke kriminalitas. Namun, tugas mengedukasi masyarakat serta membangun kepercayaan masyarakat terhadap beragam instrumen investasi juga menjadi tugas pemerintah bersama otoritas yang terkait.

"Betapa masyarakat membutuhkan kemampuan untuk memahami instrumen keuangan yang beragam dan mereka ditawarkan secara agresif apalagi melalui paltform digital. Saya berharap masyarakat akan mampu memilih instrumen investasi yang banyak dan beragam, namun bisa menjaga keamanan dan kredibilitas instrumennya," tegasnya.

Baca juga: Siap-siap! Jokowi Beri Sinyal Naikkan Harga BBM

Adapun berdasarkan survei pada tahun 2021, inklusi keuangan di Indonesia mencapai 83,6% atau naik 2,2% dibandingkan 2020. Pemerintah menargetkan inklusi keuangan mencapai 90% pada 2024.

Karena itu, pemerintah menggunakan instrumen fiskal untuk makin meningkatkan inklusi keuangan. "Membangun kepercayaan kepada sektor keuangan dan lembaga keuangan dan instrumen keuangan adalah tugas kita semuanya. Kami di Kemenkeu siap bekerjasama dengan BI, LPS, dan OJK, serta seluruh pemangku kepantingan untuk membangun ekonomi berkelanjutan dan mengembangkan keuangan stabil, serta memberikan kepastian dan keadilan ke seluruh investor," ujarnya.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com