Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Industri Mamin Masih Berpotensi Dongkrak Ekspor

Senin, 14 Januari 2019 | 22:28 WIB
Oleh Tri Murti dan Hari Gunarto

Ketua Umum Gabungan Pengusaha makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi) Adhi S Lukman mengatakan, industri makanan dan minuman (mamin) masih berpotensi mendongkrak ekspor nasional. Industri mamin terbagi dua jenis, yakni industri mamin semi proses dan industri jadi. Tantangan ekspor mamin semi proses adalah rentan fluktuasi harga.

Adapun kendala ekspor produk mamin jauh lebih berat lagi, yakni berupa tariff dan nontarif. Banyak negara saat ini melakukan proteksi industri dalam negeri mereka dengan menerapkan kebijakan tarif maupun nontarif. Kebijakan nontarif seperti pengawasan ketat keamanan pangan, label, dan safe guard antidumping dijadikan alas an untuk menaikkan bea masuk.

“Ini yang perlu kita waspadai mengingat produk pangan di pasar ekspor sangat over regulated,” ungkap Adhi.

Itu sebabnya, kata Adhi, peran pemerintah sangat penting, misalnya dukungan dalam melakukan misi dagang. Selain itu, industri mamin cenderung memilih perjanjian bilateral dibanding FTA, terutama yang melibatkan banyak negara.

“Kerja sama bilateral lebih efektif untuk membuka pasar ekspor, khususnya produk pangan. Kerja sama bilateral lebih sederhana, mudah dinegosiasikan, dan bisa saling menguntungkan kedua pihak,” ujar Adhi.

Terkait insentif yang dibutuhkan industri mamin untuk mendukung eskpor, Adhi mengatakan, yang terpenting adalah regulasi yang tidak tumpang tindih. “Regulasi yang tumpang tindih telah membuat mata rantai perizinan panjang, dan itu terkait dengan biaya, yang pada gilirannya akan menurunkan daya saing produk mamin kita,” papar dia. (dho)

Baca selanjutnya di https://id.beritasatu.com/tradeandservices/industri-alas-kaki-siap-berkontribusi/184467

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN