Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ekonom BRI, Anton Hendranata

Ekonom BRI, Anton Hendranata

Inflasi Global Diprediksi Mulai Menurun Kuartal IV

Senin, 8 Agustus 2022 | 21:26 WIB
Triyan Pangastuti (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id - Kepala Ekonom BRI Anton Hendranata memproyeksikan inflasi global mulai menurun kuartal IV-2022. Namun, pemerintah masih perlu terus mengamati dan mewaspadai berbagai perkembangan, karena puncak inflasi global diprediksi terjadi kuartal III, kemudian menurun hingga akhir tahun.

Dia menjelaskan, tensi geopolitik Rusia-Ukraina mendorong ketidakpastian global semakin meningkat. Ini mendorong terganggunya rantai pasok perdagangan global dan memicu lonjakan inflasi di berbagai negara. Kendati begitu, saat ini, harga komoditas terutama pangan dinilainya sudah relatif menurun. Secara lebih rinci, inflasi global disebabkan sisi suplai yang meningkat tinggi, namun tidak diimbangi dengan sisi demand.

"Ini terlihat pada inflasi di negara maju, yang didorong faktor supply 66% dan sisanya demand 33,75%. Pola yang sama terjadi di negara berkembang. Kalau dilihat kontribusi supply driven inflation terus meningkat akibat perang Rusia-Ukraina. Ini menyebabkan cost of input dari lonjakan harga komoditas meningkat. Tekanan akibat supply shock semakin nyata di kuartal II tahun ini," tutur dia, Senin (8/8).

Menurut Anton, berdasarkan survey dari Mc Kinsey & Co Juni 2022, inflasi merupakan faktor utama kekhawatiran pelaku usaha di dunia dan disebutkan sekitar 50% responden. Tak hanya itu, kekhawatiran ekonomi terhadap konflik Rusia-Ukraina menunjukkan penurunan, begitu juga disrupsi rantai pasok karena aktivitas ekonomi Tiongkok sudah mulai kembali pulih.

"Ada hal menarik kalau melihat kondisi perekonomian saat ini. Ternyata, pelaku usaha di dunia saat ini lebih khawatir tentang tingginya inflasi dibandingkan stabilitas politik dan rantai pasok. Ini dari survei McKinsey yang dilakukan 899 perusahaan di dunia akibat tingginya inflasi yang semakin nyata, bahkan pertumbuhan real wage pekerja menurun baik di Jepang, UK, USA, dan Jerman," kata dia. 

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com