Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
ShopeePay perkuat keamanan akun pengguna dengan fitur rekognisi wajah dan sidik jari. ( Foto: Istimewa )

ShopeePay perkuat keamanan akun pengguna dengan fitur rekognisi wajah dan sidik jari. ( Foto: Istimewa )

Ini Tiga Prediksi Shopee soal Pasar e-Commerce Indonesia 2021

Senin, 8 Februari 2021 | 15:12 WIB
Lona Olavia

JAKARTA, investor.id – Tren belanja di dunia online untuk bisnis dan konsumen mendorong Shopee, platform e-commerce di Asia Tenggara dan Taiwan, menguraikan tiga prediksi utama untuk pasar e-commerce Indonesia pada 2021 di bidang pembayaran, logistik, dan digitalisasi.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja menyatakan, 2020 adalah tahun yang sangat transformatif untuk e-commerce. Konsumen diharuskan mengikuti regulasi social distancing dan beraktivitas di rumah, sehingga mereka beralih ke platform online untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari serta mencari hiburan dan interaksi.

Hal tersebut juga menyebabkan belanja online berkembang dari sekadar pengalaman transaksional menjadi pengalaman yang lebih sosial, karena platform e-commerce mengintegrasikan lebih banyak elemen interaktif, seperti game, dan live streaming untuk mengajak pengguna berpartisipasi.

“Dengan kemajuan teknologi, peningkatan penetrasi internet, serta pertumbuhan pesat populasi anak muda yang melek teknologi, kami berharap e-commerce memainkan peran penting dalam memfasilitasi pemenuhan kebutuhan, bersosialisasi, dan berbisnis,” ucap Handhika dalam keterangan resmi, Senin (8/2).

Berikut tiga prediksi utama pasar e-commerce Indonesia pada tahun ini. Pertama, peningkatan penetrasi pembayaran digital. Pembayaran digital adalah metode transaksi terfavorit untuk e-commerce, dan dengan semakin terbiasanya masyarakat dengan e-commerce, akan mulai mendorong pergerakan pembayaran non-tunai ke ranah offline.

Shopee pun, kata dia, melihat peningkatan sebesar empat kali lipat dalam jumlah total transaksi yang menggunakan ShopeePay di seluruh negara tempat Shopee beroperasi. Peningkatan terbesar yang tercatat berasal dari pengguna yang berusia di atas usia 50 tahun, yang merupakan bukti kemudahan penggunaan ShopeePay, mengingat pengguna di kelompok usia ini biasanya lebih sulit untuk beradaptasi dengan pembayaran digital.

Sementara itu pandemi telah mempercepat kebutuhan tersebut di wilayah dimana sebagian besar transaksi konsumen masih menggunakan uang tunai. Sejalan dengan pembatasan pergerakan dan upaya social distancing yang berkelanjutan, konsumen dan bisnis semakin merangkul pembayaran digital untuk kenyamanan dan keamanan yang lebih baik.

Selain penggunaan ShopeePay dalam aplikasi, jumlah pedagang offline yang menggunakan ShopeePay juga meningkat sembilan kali lipat pada 2020, termasuk mitra seperti Alfamart, McDonald's dan Chatime.

Kedua, logistik menjadi bagian terdepan. Logistik akan menjadi semakin penting karena konsumen semakin mengandalkan platform e-commerce dan memiliki harapan besar untuk pengiriman yang lebih efisien. Peningkatan permintaan sangat signifikan terlihat pada kategori kebutuhan sehari-hari dan rumah tangga. Di Indonesia, Shopee melihat, peningkatan lebih dari 4,5 kali lipat untuk pengiriman produk makanan dan kesehatan dari gudang Shopee.

Ketiga, mitra brand dan penjual akan mengimplementasikan strategi ritel yang inovatif. Pandemi mendorong bisnis, dari brand premium hingga pengusaha mikro, untuk segera menerapkan strategi digital agar dapat terus menjangkau pelanggan di tengah kondisi saat ini.

Ketika berjualan online menjadi sumber pendapatan yang lebih besar bagi brand dan penjual, platform e-commerce perlu beradaptasi dan berkolaborasi dengan brand dan penjual untuk menerapkan strategi ritel inovatif. Ini diperlukan untuk membantu mereka mengajak pelanggan berpartisipasi dan mengembangkan online presence.

 

Editor : Nasori (nasori@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN