Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Raja Ampat, Papua. Foto: IST

Raja Ampat, Papua. Foto: IST

Inilah Tiga Destinasi Wisata Paling Hits Versi Netizen Indonesia

Tri Listiyarini, Kamis, 14 November 2019 | 14:36 WIB

Jakarta, investor.id-Perusahaan media intelligence Isentia menyebutkan terdapat delapan daerah di Indonesia yang paling banyak diperbicangkan di media sosial sebagai lokasi libur akhir tahun, yakni Yogyakarta, Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Papua Barat. Sedangkan tiga destinasi paling hits diperbincangkan adalah Raja Ampat, Lombok, dan Candi Borobudur.

Menjelang akhir tahun ini, Isentia menangkap perbincangan terkait pariwisata dan liburan akhir tahun sebanyak 139,438 buzz di media sosial dalam satu bulan terakhir, terhitung dari 1 Oktober hingga 8 November 2019. “Berdasarkan volume perbincangan ini, kami melihat bahwa masyarakat sangat antusias membicarakan liburan dan tempat destinasi yang ingin dituju menjelang libur akhir tahun yang datang sebentar lagi,” jelas Rendy Ezra, Insights Manager dari Isentia Indonesia.

Untuk liburan akhir tahun sendiri, Isentia menemukan Jogja sebagai kota yang paling banyak diperbincangkan, yaitu sebanyak 40.988 buzz, diikuti dengan Bali 37.797 buzz. Selanjutnya ada Jawa Timur dengan 20.146 buzz, Jawa Tengah 16.143 buzz, Sumatera Utara 6.558 buzz, Sulawesi Tenggara 4.661 buzz, Sulawesi Selatan 3.996 buzz, serta Papua Barat dalam 9.149 buzz perbincangan medsos. Selain itu, ada pula tiga destinasi paling hits diperbincangkan, yaitu Raja Ampat sebanyak 6.172 buzz, serta Lombok dan Candi Borobudur, masing-masing sebesar 4,387 buzz dan 1.647 buzz.

Berkaitan dengan liburan itu sendiri, netizen turut membicarakan transportasi yang hendak dipakai berlibur. Mobil menjadi transportasi yang paling banyak diperbincangkan dalam 334.295 buzz, karena dianggap praktis untuk dipakai bepergian dari satu tempat ke tempat yang lain tanpa harus sibuk mengurusi transportasi tambahan.

Pesawat menjadi transportasi berikutnya yang paling banyak diperbincangkan netizen, yakni sebanyak 27.412 buzz. Netizen berpendapat bahwa bepergian dengan pesawat paling mudah dan paling cepat untuk sampai, namun sangat disayangkan jika belum membeli tiket dari jauh-jauh hari karena harga akan sangat melonjak tinggi. Yang juga menjadi pilihan netizen adalah Bus, sebanyak 17.716 buzz, karena harga tiketnya yang jauh lebih murah, meski tergolong sulit untuk membawa banyak barang.

Di samping itu, di era digital ini, berwisata tentunya tidak lepas dari bantuan gadget dan aplikasi travel. Traveloka menjadi aplikasi yang paling diperbincangkan,sebanyak 133.694 buzz. Disusul Tiket.com 290 buzz, TripAdvisor 217 buzz, serta Pegi-Pegi dengan 116 buzz.

Isentia merupakan perusahaan analisa dan monitoring media berbasis Australia, didirikan pada tahun 1982 di Melbourne oleh Neville Jeffress. Awalnya. Isentia hanya menyajikan pemantauan terhadap media tradisional. Namun seiring perkembangan jaman, pemantauan media sosial juga dilakukan oleh Isentia dan diterapkan di Indonesia sejak tahun 2011.

 

 

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA