Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Presiden ITS Indonesia William Sabandar . Sumber: BSTV

Presiden ITS Indonesia William Sabandar . Sumber: BSTV

ITS Indonesia Usul Penyiapan Sistranas Dukung Visi Indonesia 2045

Rabu, 15 September 2021 | 16:11 WIB
Thresa Sandra Desfika

JAKARTA, investor.id - Intelligent Transport System (ITS) Indonesia merekomendasikan penyusunan strategi sistem transportasi nasional (Sistranas) untuk mendukung visi Indonesia 2045. Dalam strategi tersebut juga turut dicantumkan rencana pengembangan sistem transportasi cerdas.

Presiden ITS Indonesia William Sabandar memandang penting penyiapan visi, misi, dan rencana sistem transportasi nasional untuk mendukung cita-cita bangsa Indonesia 2045.

Menurut dia, perhubungan nasional memegang peran vital dan instrumental dalam mewujudkan empat pilar pembangunan Indonesia 2045. Keempat pilar itu adalah pembangunan manusia dan penguasaan Iptek, pembangunan ekonomi yang berkelanjutan, pemerataan pembangunan, serta pemantapan ketahanan nasional dan tata kelola kepemerintahan.

"ITS Indonesia berkeinginan merekomendasikan untuk disiapkannya sebuah strategi nasional sistem transportasi yang mendukung visi Indonesia 2045," kata William dalam Webinar ITS Indonesia bertajuk Perhubungan Nasional menuju Indonesia Emas 2045.

Dia menambahkan di dalam strategi itu terdapat rencana pengembangan transportasi cerdas memang saat ini sudah menjadi keniscayaan.

"Kita sedang hidup di era digital di mana artificial intelligence dan internet of things perlu menjadi bagian integral dalam pengembangan sistem transportasi nasional," papar William.

Lebih jauh, William menilai bahwa sektor perhubungan adalah tulang punggung dari upaya perwujudan pilar-pilar pembangunan Indonesia 2045.

"ITS Indonesia sebagai organisasi yang bergerak dan mendorong sistem transportasi cerdas memiliki visi yang sejalan dengan visi pemerintah," terang William.

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengapresiasi sejumlah hal yang sudah dilakukan ITS Indonesia, terutama terkait pengembangan mobilitas cerdas dan ekosistem transportasi digital.

"ITS Indonesia telah membantu dalam mendorong hadirnya sistem transportasi cerdas di Indonesia," kata dia.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN