Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi Jababeka. Foto: PT Jababeka Tbk (KIJA)

Ilustrasi Jababeka. Foto: PT Jababeka Tbk (KIJA)

Jababeka Perkuat Digitalisasi Layanan

Sabtu, 6 Maret 2021 | 14:28 WIB
Lona Olavia


JAKARTA, investor.id - Jababeka Infrastruktur selaku pengelola Kawasan Industri Jababeka mendigitalisasi layanannya, yaitu J-FAST (Jababeka Focus to accelerate services tenant) melalui website dan infrastruktur telekomunikasi yang memadai. JFAST sendiri merupakan layanan terpadu satu pintu Jababeka Infrastruktur bagi investor yang mendirikan perusahaan.

General Manager Kawasan Industri Jababeka Rudy Subrata menjelaskan bahwa keandalan infrastruktur telekomunikasi dan service yang prima, tidak bisa ditawar-tawar lagi di zaman yang sudah memasuki era digital ini. “Zaman sudah digital soalnya dan semua (kegiatan) serba online sekarang. Tetapi, tanpa infrastruktur yang memadai, tidak akan berjalan lancar juga. Ditambah perlunya ada tenant relation berupa pelayanan yang prima, agar tenant bisa nyaman,” katanya dalam keterangan resmi, Sabtu (6/3).

Head of Tenant Relation PT Jababeka Infrastruktur Vega Violetta menegaskan bahwa pelayanan perizinan yang disediakan oleh J-FAST, apakah itu perizinan lingkungan, mendirikan usaha, layak fungsi, Persetujuan Bangunan Gedung (PBG),  serta perpanjangan hak guna bangunan semua sudah digital yang bisa diakses melalui jfast.co.id.

Melalui website, menurutnya para tenant atau calon tenant bisa berkonsultasi terkait kebutuhannya atau bisa menelpon kebutuhan tersebut ke pihak J-FAST melalui customer service J-FAST, lalu pihaknya akan memberikan konsultasi dan memberikan penawaran. Jika sudah mencapai kesepakatan, pihak J-FAST yang akan mengurus semua pengumpulan data dan perizinan sampai selesai.

Dari sisi infrastruktur telekomunikasi, Direktur PT Infrastruktur Cakrawala Telekomunikasi (ICTel) Muhammad Ayub Arwin mengatakan bahwa Kawasan Industri Jababeka akan menyediakan premium service berupa penyediaan smart infrastructure dan smart living.

Untuk smart infrastructure, Jababeka Infrastruktur yang merupakan anak perusahaan dari Jababeka Group menyediakan fiber optik, CCTV, lampu  di hampir semua titik di lahan seluas 5600 hektare. Sehingga jika ada pabrik yang mau dibangun sudah bisa terjamin jaringan telekomunikasi dan keamanannya. Karena sudah terpasang fiber optik untuk penyediaan ketersediaan internet berkualitas dan  CCTV yang memungkinkan tim security untuk memonitoring.  

Sementara untuk smart living, lampu yang di jalanan saat ini sudah bisa dikontrol. Kemudian Kawasan Industri Jababeka juga memiliki aplikasi yang bernama J-Smart. Dengan aplikasi ini, para tenant dan masyarakat setempat lebih mudah mengadukan keluhan, mendapatkan layanan dan berkomunikasi langsung antara tenant dan pengelola atau pihak lain.

“Kebetulan ke depan kita juga ingin mengeluarkan cluster baru, mulai Espace Block dan Smart Manufacture Hub, kawasan industri halal, bio tech, high tech, yang begitu launching, harapannya investor asing mau investasi,” tutup Rudy.

Editor : Komang (komang_99@yahoo.com )

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN