Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Jababeka Tbk dalam kategori Esri Special Award Achievement in GIS (SAG) pada ajang Esri User Conference 2020

PT Jababeka Tbk dalam kategori Esri Special Award Achievement in GIS (SAG) pada ajang Esri User Conference 2020

Jababeka Raih Penghargaan SAG Award

Minggu, 9 Agustus 2020 | 13:17 WIB
Imam Mudzakir (imam_koran@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Esri, perusahaan raksasa dunia yang bergerak di bidang pemetaan memberikan penghargaan teknologi global kepada dua perusahaan dari Indonesia, PT Jababeka Tbk dan Sinar Mas Foresty, dalam kategori Esri Special Award Achievement in GIS (SAG) pada ajang Esri User Conference 2020, belum lama ini.

Penghargaan tahunan ini diadakan di Amerika dan diberikan secara virtual kepada lebih dari 300.000 kandidat yang memenuhi syarat, kedua perusahaan asal Indonesia itu menerima penghargaan untuk inisiatif inovatif atas pemetaan dan teknologi analitik serta kepemimpinan di bidang properti dan perkebunan.

Penghargaan SAG adalah apresiasi geospasial terbesar di dunia yang diberikan kepada organisasi dari seluruh dunia atas inovasi pengimplementasian teknologi Geographic Information System (GIS) untuk inisiatifnya memecahkan berbagai tantangan kompleks di dunia. Berbagai perusahaan dari Indonesia selama lebih dari delapan tahun berturut-turut telah memenangkan ajang bergengsi ini.

Teknologi GIS bukan hanya tentang pembuatan peta namun dapat dikatakan sebagai penemuan hal-hal baru tentang bisnis. Sebuah kekuatan baru ketika penggabungan data analisis dan peta yang memungkinkan berbagai jenis bisnis memvisualisasikan tren untuk pengambilan keputusan yang lebih baik yang ditampilkan secara spatial.

Esri User Conference selalu memberikan kesempatan kepada customer kami untuk berinovasi di dalam menerapkan teknologi GIS dan menggunakannya untuk meningkatkan operasional organisasi mereka serta memecahkan berbagai masalah dunia di sekitar mereka.

“Saya terinspirasi oleh pekerjaan luar biasa yang dilakukan customer kami, dan saya merasa terhormat untuk memberikan penghargaan ini kepada semua organisasi yang diakui atas komitmen mereka terhadap kepemimpinan teknologi dalam pemerintahan, bisnis, dan pekerjaan nirlaba,” kata Pendiri dan Presiden Esri, Jack Dangermond, dalam siaran pers, Minggu (9/8).

PT Jababeka Tbk dan Sinarmas Foresty menerima penghargaan dalam peran inovasi di setiap aspek bisnis. Hal ini telah dibuktikan dan membuat terobosan baru dalam penggunaan GIS dalam rangka mentransformasikan kegiatan operasional mereka.

Esri sangat bangga dapat mengambil bagian penting dan bersamaan memberikan nilai tambah kepada pada klien kami. Sebuah standar perubahan ada di depan kita berkat fokus dari kedua perusahaan ini untuk memanfaatkan teknologi GIS dalam pemanfaatan data spasial dan pemetaan digital.

“Penghargaan tahun ini semakin memantapkan posisi Indonesia sebagai salah satu negara pusat teknologi global dan inovasi tingkat dunia,” ujar CEO, Esri Indonesia, Achmad Istamar.

Sebagai kawasan industri seluas 5.600 hektar dan memiliki peranan penting dalam kegiatan ekspor import di Indonesia, Jababeka harus terus bertranformasi dari berbagai sisi bisnis. Dengan menggunakan pendekatan geospasial, Jababeka dapat memetakan dan menganalisis penggabungan data dan peta yang memungkinkan Jababeka untuk memvisualisasikan informasi yang dinamis dan real time.

Dalam Esri User Conference 2020 , Jababeka Group juga mengajukan peta berjudul Creating New Cities for Prosperous Indonesia. Dalam peta tersebut diulas infrastruktur dan fasilitas di empat proyek yang sedang dikembangkan Jababeka Group, yaitu Kawasan Ekonomi Khusus Kendal, Kota Jababeka, Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung, dan Kawasan Ekonomi Khusus Morotai. Kemudian dibahas dampak bisnis yang dirasakan Jababeka Group setelah menggunakan teknologi GIS.

“Merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami dengan mendapatkan penghargaan ini. Teknologi GIS sangat membantu bisnis kami dimana berhasil mengubah data infrastruktur dan fasilitas yang tidak terintegrasi dan kami dapat memetakan dan menganalisis penggabungan data dan peta yang memungkinkan kami memvisualisasikan informasi yang dinamis dan real time sesuai kebutuhan yang kami inginkan.” Kata Direktur PT Jababeka Tbk, Tjahjadi Rahardja.

Salah satunya, kata Tjahjadi memudahkan perusahaan dalam perencanaan dan pengembangan kawasan. “Dengan fitur-fitur GIS di dalamnya, kami dapat melihat lahan kosong lalu menganalisa kesesuaian lahan tersebut untuk proyek yang akan dikembangkan,” ujarnya.

Jababeka Group telah berhasil mengubah data infrastruktur dan fasilitas yang tidak terintegrasi ke satu platform yang menjembatani berbagai divisi, seperti divisi pertanahan, divisi pengembangan bisnis, divisi pemasaran, dan divisi lainnya. Sehingga dapat berkolaborasi dalam satu sumber data tunggal.

Sementara Sinar Mas Foresty, sebagai perusahaan yang mengelola lahan lebih dari 900.000 hektar, Sinar Mas Foresty sangat perduli atas pengelolaan perhitungan pohon dimana ini juga akan sangat menunjang operasional kerja mereka.

Perhitungan pohon secara tepat juga sangatlah penting untuk menjaga stabilitas konservasi serta berbagai tantangan terkait pelestarian hutan. Proses perhitungan pohon biasanya dilakukan secara manual dengan mendigitalkan data yang ditangkap oleh drone UAV. Tidak hanya itu, dengan banyaknya divisi diperlukan juga berbagai proses yang saling tumpuk sehingga dapat menyebabkan proses menjadi berlipat ganda.

“Teknologi GIS ini tidak hanya memberikan efisiensi tingkat tinggi atas operasional kami tapi sekaligus juga dapat mengintegrasikan berbagai macam hal dengan perusahaan induk kami lainnya. Seluruhnya dapat dikelola melalui dasboard pemantauan yang dapat membuat kami mengambil keputusan secara tepat di berbagai situasi. Pendektesian pohonpun sangat memuaskan dimana memiliki tingkat akurasi hinggak 90%” ujar Wisly Dwi Putra, CEO Sinar Mas Forestry.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN