Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono.

Jaga Kelangsungan Dunia Usaha, Pemerintah akan Terbitkan Recovery Bond

Arnoldus Kristianus, Kamis, 26 Maret 2020 | 12:10 WIB

JAKARTA, investor.id -- Pemerintah akan menebitkan surat utang tambahan sebagai upaya untuk menjaga kelangsungan dunia usaha. Dana dari penjualan surat utang bernama recovery bond ini nantinya akan diberikan ke dunia usaha untuk menyiapkan likuiditas dan kelangsungan arus kas (cash flow) dunia usaha.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan, recovery bond merupakan surat utang pemerintah dalam bentuk rupiah yang nanti dibeli oleh Bank Indonesia (BI) maupun pihak swasta.

“Dana dari penjualan surat utang ini nanti akan dipegang pemerintah kemudian disalurkan kepada seluruh dunia usaha melalui kredit khusus,” ucap Susiwijono saat video conference di Kantor Badan Pusat Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis (26/3),

Susiwijono mengatakan, kredit khusus akan dibuat dengan syarat seringan mungkin, sehingga pengusaha bisa mendapatkan kredit khusus dan tetap menjalankan kegiatan usaha.

Menurut dia, pemerintah akan menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang (Perppu) untuk penerbitan recovery bond. Sebab, selama ini ada keterbatasan bank sentral yang hanya boleh membeli surat utang dari secondary market makanya pemerintah memerlukan Perppu.

“Kami menargetkan hari Jumat (27/3) Kementerian Keuangan sudah menyelesaikan Perppu untuk dasar di dalam penerbitan recovery bond ini,” ucap Susiwijono.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN