Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Petugas SPBU melayani konsumen di Jakarta, Selasa (5/4/2020). Foto: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Petugas SPBU melayani konsumen di Jakarta, Selasa (5/4/2020). Foto: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Jelang Lebaran, Pertamina Jamin Ketersediaan Stok BBM dan LPG Aman

Retno Ayuningtyas, Rabu, 20 Mei 2020 | 16:48 WIB

JAKARTA, investor.id – PT Pertamina (Persero) menjamin ketersedian stok bahan bakar minyak (BBM) dan gas minyak cair (liquefied petroleum gas/LPG) dalam kondisi aman menjelang Idul Fitri.

 

Komisaris Pertamina Condro Kirono dan Direktur Pemasaran Retail Pertamina Mas’ud Khamid memantau SPBU yang berlokasi di jalur Tol Trans Jawa dari Jakarta menuju Surabaya. Hal ini guna menjamin ketersediaan stok BBM dan LPG menjelang Lebaran dalam kondisi aman. SPBU yang dikunjungi ini yakni SPBU KM 57, KM 228, KM 379, KM 519, KM 626 dan KM 725.

 

Mas'ud mengatakan, ketersediaan BBM dan LPG selama Ramadan dan Idul Fitri dipastikan dalam kondisi aman. “Di tengah adanya pembatasan aktivitas pada masa pandemi Covid-19, tercatat per 20 Mei 2020, secara nasional ketahanan stok Premium 34 hari, Pertalite 35 hari, Pertamax 46 hari, Pertamax Turbo 99 hari, Solar 28 hari, Dexlite 40 hari, Dex 120 hari, LPG 19 hari dan minyak tanah 51 hari,” kata dia dalam keterangan resminya, Rabu (20/5).

 

Lebih lanjut Mas’ud menjelaskan, ditengah kondisi pandemi Covid-19, Pertamina tetap berkomitmen dalam menjamin keamanan ketersediaan pasokan serta distribusi BBM dan LPG. Caranya yakni dengan tetap mensiagakan tim Satuan Tugas (Satgas) Ramadan, Idul Fitri dan Covid-19 (RAFICO) 2020 yang bertugas di seluruh Indonesia.

 

Selain itu, Pertamina juga menjalakan protokol pencegahan Covid-19 di area operasi dan distribusi produk Pertamina, salah satunya di SPBU. Ditambahkan Mas’ud, perseroan menerapkan jaga jarak fisik antarkonsumen dan antara konsumen dengan operator sebagai antisipasi penyebaran virus tersebut. Kemudian, operator di seluruh fasilitas Pertamina juga telah dibekali dengan Alat Pelindung Diri (APD) berupa sarung tangan, masker, dan hand sanitizer.

 

“Hal ini tentu sebagai bentuk kewaspadaan kami terhadap penyebaran virus tersebut sekaligus menjaga keamanan dan kenyamanan operator dan konsumen,” jelasnya.

 

Upaya pencegahan lainnya yakni dengan memberikan alternatif pilihan pembayaran non-tunai di SPBU. Pertamina berusaha untuk menjaga kenyamanan dan keamanan pelanggan agar terhindar dari penyebaran Covid-19 terutama yang berasal dari benda yang sering tersentuh banyak orang, yaitu uang kertas dan logam.

 

“Saat ini Pertamina telah menerima pembayaran non-tunai dengan berbagai platform, di antaranya aplikasi MyPertamina yang terhubung dengan LinkAja,” tambah Mas’ud.

 

Melalui aplikasi MyPertamina, saat ini Pertamina memberikan banyak promo menarik. Beberapa promo ini adalah cashback 50% bagi pengemudi Ojek Online untuk pembelian Pertalite, cashback 50% bagi Angkutan Kota untuk pembelian produk Pertalite dan Dexlite, serta cashback 30% bagi masyarakat umum untuk pembelian Pertamax Series dan Pertamina Dex.

 

“Dengan adanya pengembangan platform pembayaran ini, beragam program loyalty dapat kami berikan dan implementasikan dengan baik,” tuturnya.

 

Sebagai dukungan untuk mencegah penyebaran Covid-19, Pertamina juga telah meluncurkan layanan Pertamina Delivery Services (PDS) untuk kemudahan konsumen memesan produk - produk Pertamina dari rumah. Pemesanan dilakukan dengan menelepon Pertamina Call Center 135. Produk BBM, Bright Gas, Pelumas dan kebutuhan pokok yang dijual di Bright Store dapat diantarkan ke alamat konsumen.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN