Menu
Sign in
@ Contact
Search
Mentan Syahrul Yasin Limpo

Mentan Syahrul Yasin Limpo

Jokowi Minta Neraca Produktivitas Pertanian Dijaga

Senin, 19 September 2022 | 13:00 WIB
Novi Lumanauw (novy@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo untuk terus melakukan penanaman komoditas pertanian, seperti jagung, kedelai, cabai, dan bawang merah guna menjaga neraca produktivitas pangan di dalam negeri.

“Bapak Presiden minta neraca ini betul-betul dijaga. Bahkan, saya diperintahkan untuk terus melakukan penanaman tambahan baik jagung, kedelai, cabai, maupun bawang merah,” kata Syahrul saat memberikan keterangan pers usai menghadiri rapat terbatas di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Senin (19/9/2022).

Rapat yang dipimpin Presiden Jokowi membahas tentang ketersediaan komoditas pangan seperti kedelai, bawang merah cabai, dan hortikultura.

Presiden Jokowi, kata Mentan, secara khusus mengecek neraca produktivitas yang ada, mulai dari kedelai, cabai, hingga bawang merah. Secara umum, berdasarkan data Kementerian Pertanian (Kementan) dan faktualisasi di lapangan sampai akhir Desember 2022, neraca produktivitas dan ketersediaan pangan cukup.

“Tentu saja, neraca yang berkait dengan bawang merah dan kedelai adalah neraca yang masih menggunakan data importasi yang ada,” jelas dia.

Pada kesempatan itu, kata Syahrul, Presiden Jokowi meminta Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dapat membeli  semua produk yang ada sehingga negara bisa menjamin keterserapannya dan tidak membiarkan begitu saja.

Selain itu, sistem logistik dan transportasi juga yang terus ditingkatkan sehingga pemerintah dapat mengendalikan stabilisasi harga semaksimal mungkin.

“Artinya, kita berharap produktivitas cukup, tetapi harganya dijaga untuk bisa dikendalikan dengan baik. Oleh karena itu, dari daerah-daerah produsen yang surplus ke daerah yang shortage, harus betul-betul dipetakan dengan baik,” kata mantan gubernur Sulawesi Selatan itu.

Editor : Nasori (nasori@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com