Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi Kartu Prakerja; IST

Ilustrasi Kartu Prakerja; IST

Jumlah Pendaftar Program Kartu Prakerja 23 Juta Orang

Rabu, 16 September 2020 | 08:09 WIB
Arnoldus Kristianus (arnoldus.kristianus@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja menyatakan hingga saat ini dari gelombang 1 sampai 8 jumlah pendaftar program kartu prakerja sebanyak 23 juta orang. Namun dari jumlah ini masih dilakukan verifikasi dan validasi data dimana hanya 18 juta peserta yang bisa mengikuti program kartu prakerja.

“Dari yang sudah register kemudian kami verifikasi dan lolos 18 juta. Lolos verifikasi 18 juta karena memang sebagian besar salah ketik masuk spam email-nya penuh dan Jadi pastikan teman-teman pendaftar teliti," ucap Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari dalam diskusi virtual, Selasa (15/9).

Ia menjelaskan dari 18 juta yang lolos proses verifikasi, tersisa 13,4 juta peserta yang lolos validasi Nomor Induk Kependudukan (NIK). Jumlah tersebut kembali berkurang menjadi 12 juta setelah melewati verifikasi layer tiga.  Di mana verifkiasi ini dilakukan dengan memastikan kesesuaian nomor telpon. Pihak manajemen pelaksana mengirim pesan singkat kepada setiap peserta yang lolos..

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari. Foto: IST
Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari. Foto: IST

"Dari 12 juta yang telah verifikasi layer ketiga mereka join. Sekarang ini sudah sampai gelombang 8 baru saja ditutup Senin kemarin dan pendaftarannya sudah lebih dari 4 juta dalam waktu empat hari," ucap Denni.

Denny menuturkan jumlah keseluruhan peserta yang telah ditetapkan sebagai peserta melalui surat ketetapan (SK) Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja telah mencapai 3.880.918 orang.

Dengan jumlah peserta yang mengikuti pelatihan mencapai 3,25 juta orang. 2 juta peserta di antaranya telah pelatihan, dan 1,2 juta telah menerima insentif senilai Rp 600 ribu.

"Total insentif yang diterima peserta sejauh ini senilai Rp 1,6 triliun," ucap Denni.

Ia mengatakan pihaknya mulai menyalurkan uang pelatihan Kartu Prakerja sebesar Rp3,55 juta ke virtual account peserta yang lolos seleksi gelombang 8 pada Rabu (16/9). Diperkirakan proses tersebut dipastikan baru selesai Kamis (17/9). Bersamaan dengan itu pengumuman peserta lolos pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 8 juga akan dilakukan. Pendaftar yang lolos akan mendapatkan SMS dari manajemen pelaksana Kartu Prakerja dan bisa  mengikuti program pelatihan yang ditawarkan.

"Karena jumlahnya besar, satu gelombang 800 ribu orang.  Kemudian baru di SMS masing-masing diberitahu," ucap Denny.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN