Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Petugas memeriksa kesehatan, kelengkapan surat dan alasan berpergian calon penumpang sebagai bagian dari prosedur yang harus dipenuhi penumpang pesawat yang akan terbang di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.  Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Petugas memeriksa kesehatan, kelengkapan surat dan alasan berpergian calon penumpang sebagai bagian dari prosedur yang harus dipenuhi penumpang pesawat yang akan terbang di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Foto ilustrasi: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

28 OKTOBER 2020,

Jumlah Penumpang di Bandara Soetta Tertinggi Selama Pandemi

Kamis, 29 Oktober 2020 | 16:40 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II mencatat jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang mencapai 61.000 penumpang pada 28 Oktober 2020. Angka tersebut merupakan jumlah penumpang harian tertinggi di bandara paling sibuk di Indonesia itu selama masa pandemi Covid-19.

Selain itu, frekuensi penerbangan harian pada 28 Oktober 2020 juga menjadi yang tertinggi dengan menyentuh angka 638 penerbangan.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, 27-28 Oktober 2020 merupakan puncak arus keberangkatan pada periode libur panjang 28 Oktober – 1 November 2020.

“Di tengah pandemi ini biasanya rata-rata penumpang di Bandara Soekarno-Hatta sebanyak 40.000 – 45.000 orang per hari, dan pada 28 Oktober 2020 mencapai sekitar 61.000 orang. Ini juga sesuai dengan laporan yang kami terima dari maskapai bahwa jumlah penumpang hari ini mencapai angka sekitar 61.000 orang," ungkap Awaluddin dalam keterangannya, Kamis (29/10).

Muhammad Awaluddin. Foto: IST
Muhammad Awaluddin. Foto: IST

Lebih lanjut, kata Awaluddin, AP II berterima kasih atas upaya seluruh stakeholders dan kedisiplinan penumpang pesawat sehingga physical distancing dapat tetap dijaga di Bandara Soekarno-Hatta meski kondisi bandara ramai.

"Protokol kesehatan dapat diterapkan dengan baik di tengah cukup ramainya penumpang pesawat cukup ramai,” ujar Muhammad Awaluddin.

Direktur Operasi dan Layanan AP II Muhamad Wasid mengatakan, ramainya lalu lintas penerbangan yang ramai juga ada di bandara-bandara lain di bawah perseroan. Adapun untuk puncak arus balik di Bandara Soekarno-Hatta diperkirakan terjadi pada 30 Oktober dan 1 November 2020.

“PT Angkasa Pura II bersama stakeholders tetap siaga meningkatkan fokus dalam melayani traveler dan menjaga agar protokol kesehatan dijalankan dengan baik. Kami selalu berupaya agar perjalanan masyarakat tetap lancar di 19 bandara,” ujar Muhamad Wasid.

Sementara itu, Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi menuturkan, personel bandara disiapkan di sejumlah titik guna memastikan protokol kesehatan berjalan dengan baik.

Physical distancing harus dijaga. Personel fokus mengantisipasi di sejumlah titik seperti area check-in, security check point, boarding lounge. Prosed disinfeksi di seluruh terminal dilakukan berkala, serta pengawasan di ruang CCTV juga dilakukan 24 jam,” ujar Agus Haryadi.

Ketua Satgas Udara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kolonel Pas MA Silaban (TNI AU) mengatakan, kolaborasi di antara stakeholders di Bandara Soekarno-Hatta semakin erat guna mengupayakan protokol kesehatan berjalan dengan baik dan ketat.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN