Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ketua Kadin Indonesia Komite Tiongkok (KIKT) Garibaldi Thohir dalam acara

Ketua Kadin Indonesia Komite Tiongkok (KIKT) Garibaldi Thohir dalam acara "Malam Kebersamaan Indonesia-Tiongkok" yang digelar Kadin Indonesia Komite Tiongkok, di Jakarta, Kamis (15/9/2022) malam. (BSMH/Primus Dorimulu)

Kadin Dorong Sinergi Pengusaha Indonesia-Tiongkok

Kamis, 15 September 2022 | 23:28 WIB

JAKARTA, investor.id -- Ketua Kadin Indonesia Komite Tiongkok (KIKT) Garibaldi Thohir menyatakan, pihaknya berkomitmen dalam mendorong pelaku bisnis di Indonesia maupun Tiongkok agar dapat terus bersinergi dan bekerja sama, sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran kedua negara.

"Sama seperti nilai-nilai yang dibawa oleh Festival Mid-autumn, kebersamaan dan harmonilah yang menjadi faktor yang mendorong Indonesia dapat pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Untuk itu, Kadin Indonesia Komite Tiongkok berkomitmen dalam mendorong pelaku bisnis di Indonesia maupun Tiongkok agar dapat terus bersinergi dan bekerja sama," ujar Garibaldi Thohir dalam acara "Malam Kebersamaan Indonesia-Tiongkok" yang digelar Kadin Indonesia Komite Tiongkok, di Jakarta, Kamis (15/9/2022) malam.

Dia menambahkan, Kadin Indonesia Komite Tiongkok juga berkomitmen untuk bahu membahu dengan pemerintah dalam membuka pintu kerja sama perdagangan dan investasi Indonesia–Tiongkok, sekaligus memastikan investor Tiongkok dapat menjalankan bisnisnya dengan baik dan mendapatkan mitra terbaik di Indonesia, serta meningkatkan ekspor Indonesia ke Tiongkok.

Terlebih lagi, lanjut dia, sebagian besar investasi Tiongkok di Indonesia sejalan dengan prioritas pemerintah saat ini, yaitu pengembangan industri hilirisasi dan industri di Indonesia, agar nilai tambahnya bisa maksimal untuk kepentingan nasional. Sehingga dapat membuka lapangan kerja, meningkatkan ekspor, menghasilkan devisa, meningkatkan pendapatan negara, serta mendongkrak pertumbuhan ekonomi kedua negara.

Ketua Kadin Indonesia Komite Tiongkok (KIKT) Garibaldi Thohir. (BSMH/Primus Dorimulu)

"Pengusaha Tiongkok yang berada di Indonesia kalau membutuhkan apapun juga silakan menghubungi Kadin Indonesia Komite Tiongkok yang mungkin sebentar lagi kantor kita akan siap di PIK dan kami tentunya akan memberitahukan ke Duta Besar juga," kata Boy Thohir, sapaan akrab Garibaldi Thohir.

Dalam perayaan Festival Mid-Autumn (Mooncake Festival) ini, dia mengajak untuk bersama-sama menyampaikan doa dan harapan agar hubungan antara Indonesia dan Tiongkok akan semakin baik sehingga dapat meningkatkan perekonomian kedua negara demi terwujudnya pemulihan ekonomi global yang inklusi.

Boy menambahkan, di tengah ekonomi dunia yang sedang bergejolak dengan tantangan krisis kesehatan pandemi Covid-19 belum sepenuhnya pulih, ditambah dengan meletusnya perang di Ukraina, fundamental ekonomi Indonesia tetap sangat baik dengan pertumbuhan ekonomi yang positif sebesar 5,44% pada kuartal II tahun 2022, serta neraca perdagangan yang surplus selama 27 bulan berturut-turut. "Bahkan nilai surplus di semester ini mencapai Rp 364 triliun," katanya.

Selain itu, Boy menyebutkan bahwa Indonesia juga dapat mengendalikan inflasi di kisaran 4,9%, jauh di bawah rata-rata inflasi Asean di kisaran 7%, dan di bawah inflasi negara-negara maju yang di kisaran 9%.

"Seperti yang disampaikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraan HUT ke-77 Republik Indonesia, bangsa Indonesia telah menunjukkan diri sebagai bangsa yang tangguh dalam menghadapi pandemi Covid-19. Seluruh lapisan masyarakat saling bersinergi dan bergotong royong untuk bersama-sama mendukung pemerintah dalam menghadapi tantangan ini," ujarnya.

Tingkatkan Hubungan Baik

Pada kesempatan yang sama, Menkopolhukam Mahfud MD mengucapkan terima kasih kepada para pengusaha Indonesia dan Tiongkok yang telah membantu melaksanakan keja sama ekonomi secara nyata di Indonesia.

Menkopolhukam Mahfud MD menyampaikan pidato pada acara "Malam Kebersamaan Indonesia-Tiongkok" yang digelar Kadin Indonesia Komite Tiongkok, di Jakarta, Kamis (15/9/2022) malam. (BSMH/Primus Dorimulu)
Menkopolhukam Mahfud MD menyampaikan pidato pada acara "Malam Kebersamaan Indonesia-Tiongkok" yang digelar Kadin Indonesia Komite Tiongkok, di Jakarta, Kamis (15/9/2022) malam. (BSMH/Primus Dorimulu)

"Kami sangat mengapresiasi kerja sama ini tidak saja meningkatkan hubungan baik kedua negara, tapi juga kerja sama jangka panjang yang menguntungkan kedua belah pihak, khususnya dalam meningkatkan hubungan perdagangan, ekonomi serta industri antara kedua negara," ujar Mahfud MD.

Dia juga menyampaikan bahwa dalam kegiatan persahabatan antara manusia, Indonesia memiliki prinsip. "Di dalam idelologi kami, Pancasila, ada prinsip yang kedua dari lima sila Pancasila yakni prinsip kemanusiaan yang adil dan beradab. Manusia berkedudukan sama sebagai ciptaan Tuhan. Itu adalah dasar ideologi kami," jelasnya.

Selanjutnya, kata Mahfud, dari empat tujuan negara Indonesia di dalam pembukaan UUD 1945, salah satunya adalah ikut melaksanakan ketertiban dunia dan perdamaian.

Menurut dia, perdamaian tidak akan tercapai jika antara sesama manusia yang berbeda kebangsaan tidak menjalin kerja sama dengan baik. "Oleh sebab itu, bagi Indonesia bersahabat dengan saudara-saudara dari Tiongkok bukan merupakan sesuatu yang baru, apalagi tabu, bahkan jauh sebelum Indonesia merdeka, hubungan antara leluhur kita sudah terjalin. Dan alhamdulillah di era kemerdekaan ini hubungan yang baik ini makin terjalin," katanya.

Editor : Nurjoni (nurjoni@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com