Menu
Sign in
@ Contact
Search
Rapimnas Kadin

Rapimnas Kadin

KADIN Indonesia Komitmen Perkuat Ekonomi dengan Semangat Kolabosi

Minggu, 4 Des 2022 | 01:26 WIB
Euis Rita Hartati (erita_h@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia sebagai mitra strategis sangat mengapresiasi langkah pemerintah dalam menjaga pertumbuhan ekonomi yang terus bertumbuh di tengah kesuraman ekonomi global.

“KADIN Indonesia dan para pelaku usaha siap untuk bekerja bersama, mendukung pemerintah untuk terus memperkuat perekonomian negara, dengan semangat inklusif, kolaboratif, dan progresif dalam menghadapi segala tantangan yang akan kita hadapi kedepannya serta menjaga stabilitas politik dan ekonomi dalam negeri,” kata Ketua Umum KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid dalam keterangan pers yang diterima, Sabtu (4/12). Hal tersebut dikemukakan Arsjad saat pembukaan Rapat Pimpnas Nasional (Rapimmas) 2022.

Di Rapimnas II ini, KADIN Indonesia mengusung tema “KADIN Kuat, UMKM Kuat, Ekonomi Daerah dan Nasional Kuat, Indonesia Maju”, yang difokuskan pada penguatan pondasi ekonomi nasional dan daerah melalui pembinaan serta pemberdayaan UMKM sebagai salah satu tulang punggung ekonomi nasional.

Selain itu, Rapimnas 2022 ini juga menjadi momentum penting bagi KADIN Indonesia dalam menguatkan konsolidasi internal, terlebih setelah Presiden Jokowi mengeluarkan Keppres No 18/2022 mengenai penyempurnaan AD/ART KADIN Indonesia di bawah kepemimpinan Arsjad Rasjid sebagai KADIN yang diakui sekaligus mitra strategis pemerintah.

Advertisement

Arsjad jmenambahkan, eppres No 18/2022 tentang Perubahan AD/ART KADIN Indonesia yang disahkan Presiden Jokowi semakin menekankan posisi penting KADIN Indonesia sebagai satu-satunya induk organisasi dunia usaha di Indonesia dan mitra strategi pemerintah sekaligus memperlihatkan peran sentralnya dalam perekonomian Indonesia.

KADIN Indonesia memiliki peran sentral dalam perekonomian Indonesia dengan mendorong agar pemerintah dan dunia usaha berkolaborasi menjalankan prinsip perekonomian yang lebih inklusif, salah satunya melalui pengembangan dan pemberdayaan UMKM agar lebih maju dan naik kelas.

“Salah satu upaya KADIN Indonesia untuk membantu UMKM naik kelas adalah melalui Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas yang telah diresmikan oleh Presiden Jokowi bulan Oktober lalu. KADIN Indonesia juga menciptakan sebuah platform digital untuk UMKM yang dinamakan Wikiwirausaha.id yang membantu UMKM untuk mendapatkan mitra, akses pasar, dan pembiayaan,” lanjut Arsjad

Arsjad juga mengatakan KADIN Indonesia berkomitmen untuk mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045 dengan merumuskan sebuah roadmap bagi perusahaan multisektor yang menjadi salah satu program kerja prioritas dari KADIN Indonesia pada tahun 2023.

Roadmap ini disusun agar segala upaya, program, dan inisiatif dapat lebih terkoordinasi dan terarah serta melibatkan banyak pemangku kepentingan sehingga menciptakan strategi yang inklusif.

“Diharapkan melalui Indonesia Incorporated dapat menghasilkan banyak inisiatif dan kerjasama antar KADIN Indonesia dengan pemerintah untuk menyukseskan keketuaan Indonesia di ASEAN Business Advisory Council 2023,” ucap Arsjad.
Arsjad juga mengatakan Rapimnas ini merupakan sebuah medium untuk seluruh jajaran Pengurus KADIN Indonesia akan menyatukan langkah dan tujuan dalam menyusun program kerja yang konkret demi mewujudkan visi Indonesia Emas 2045, Indonesia yang maju dan sejahtera.

Dalam Rapimnas KADIN 2022 juga dilakukan penandatanganan antara KADIN Indonesia dengan beberapa lembaga atau perusahaan yaitu LKPP, Indosat, Kejaksaan Agung, Kepolisian, BNPT, BSSN.

Harus Optimistis

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka Rapimnas menekankan agar sikap optimistis mesti terus digaungkan, terutama dalam soal perekonomian nasional.

Sementara dalam kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Jenderal TNI (HOR) Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan bahwa peran UMKM harus terus digalakkan mengingat UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Ia juga menghimbau agar KADIN Indonesia dapat mengambil peran lebih dalam penguatan UMKM Indonesia, terutama soal program pendampingan antara pengusaha besar dan UMKM.

“Perlu sinergi antara pemerintah dan pengusaha, terutama yang diinisiasi dan dimotori KADIN Indonesia. KADIN Indonesia sebagai mitra strategis pemerintah wajib memainkan peran central ini. Jika potensi Indonesia dimanfaatkan dengan baik, dapat menarik investasi secara mudah. Maka dari itu, KADIN Indonesia dimohon untuk membantu pemerintah menguatkan UMKM serta mencanangkan lebih luas pemakaian produk dalam negeri,” ujar Menko Luhut


 

 

 

 

 

 

 

Editor : Euis Rita Hartati (euis_somadi@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com