Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Kadin-Medco Kembangkan Listrik Tenaga Surya

Kamis, 11 Desember 2014 | 07:28 WIB
ah

JAKRTA-Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menggandeng kerja sama tripartit dengan Medco Energy International Tbk dan Kadin Provinsi Aceh untuk mengembangkan listrik bertenaga surya melalui program We Light Up Indonesia.

"Melihat kebutuhan masyarakat akan listrik serta untuk menunjang program pemerintah dalam penyerapan energi untuk daerah yang belum mendapatkan listrik, maka pada rapimnas Kadin pada 8 Desember 2014 Kadin Bidang Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim sepakat bekerja sama dengan Medco Energy International Tbk serta Kadin Provinsi Aceh akan mengerjakan program We Light Up Indonesia," kata Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia bidang LHPIPB Shinta W Kamdani di Jakarta, Rabu.

Pihaknya memantau hingga 2012, tingkat akses listrik di Indonesia hanya sebesar 73 persen, dengan kata lain terdapat lebih dari 60 juta penduduk di Indonesia yang tidak terjangkau aliran listrik.

Oleh karena itu melalui Gerakan We Light Up Indonesia akan menawarkan paket listrik alternatif yang berbasis tenaga surya.

"Sebagaimana diketahui bahwa tenaga surya adalah salah satu pilihan energi terbarukan yang jumlahnya melimpah di Indonesia," katanya.

Energi terbarukan merupakan suatu sumber daya yang dapat diperoleh ulang dan diperbaharui secara alamiah dan dengan jumlah yang tak terbatas jika dikelola dengan baik.

Sumber energi terbarukan adalah sumber energi ramah lingkungan yang tidak mencemari lingkungan dan tidak memberikan kontribusi terhadap perubahan iklim dan pemanasan global seperti pada sumber-sumber tradisional lain.

"Ini adalah alasan utama mengapa energi terbarukan sangat terkait dengan masalah lingkungan dan ekologi di mata orang banyak," katanya.

Menurut dia penggunaan dan pengembangan energi terbarukan merupakan kondisi yang positif dan momentum yang tepat bagi seluruh komponen bangsa terkait, untuk segera memikirkan dan mengambil langkah serius guna pengembangan sumber energi alternatif masa depan demi terwujudnya kesejahteraan di masa mendatang.

"Program CSR yang dirancang khusus ini melalui program We Light Up Indonesia memberikan paket lampu tenaga surya pada 100 titik di sekitar operasi Medco Energy International di Blok Aceh," katanya.

Kadin berharap dengan program ini dana CSR perusahaan dapat digunakan tepat sasaran serta sejalan dengan program pemerintah sehingga membantu roda perekonomian daerah setempat. (*/hrb)

Editor : herry barus (herrybarus@yahoo.com.au)

BAGIKAN