Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Penumpang memadati Stasiun Gambir. Foto ilustrasi: Investor Daily/Gora Kunjana

Penumpang memadati Stasiun Gambir. Foto ilustrasi: Investor Daily/Gora Kunjana

KAI Minta Masyarakat Rapid Test di Stasiun H-1

Minggu, 25 Oktober 2020 | 15:16 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mengimbau para calon penumpang yang hendak melakukan tes rapid di stasiun untuk melakukannya pada H-1 sebelum jadwal keberangkatan.

Kahumas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menjelaskan, bertambahnya penumpang kereta api (KA) jelang libur panjang juga berdampak pada padatnya antrean tes rapid di stasiun. Tercatat pada 24 dan 25 Oktober 2020 layanan tes rapid di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir rata-rata melayani hingga sekitar 1.100 calon penumpang.

"Untuk menghindari keterlambatan atau tertinggal KA, penumpang diimbau agar melakukan tes rapid H-1 sebelum jadwal keberangkatan bagi calon penumpang yang ingin memanfaatkan layanan tes rapid di stasiun," ujar Eva dalam keterangannya, Minggu (25/10).

Dia menambahkan, calon penumpang diharapkan dapat mengatur waktu keberangkatannya dan menyiapkan rentang waktu yang cukup jika tetap akan melakukan tes rapid pada hari yang sama dengan hari keberangkatan. Mereka tidak disarankan datang 3 jam sebelum keberangkatan untuk menghindari risiko tertinggal KA mengingat antrean tes rapid di stasiun cukup padat.

"Rapid test bagi calon penumpang KA tidak harus dilakukan di stasiun, namun dapat juga dilakukan di klinik-klinik terdekat yang menyediakan fasilitas tes rapid," imbuh Eva.

Dia menyebut, di area Daop 1 Jakarta layanan tes rapid bagi calon penumpang dilayani di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen dengan jam operasional pukul 07.00 - 19.00 WIB serta biaya sebesar Rp85.000. Calon penumpang KA yang ingin melakukan rapid test di stasiun harus memiliki kode booking tiket KA jarak jauh yang telah terbayar lunas.

"Bagi calon penumpang yang kedapatan reaktif saat tes cepat tidak diperkenankan melakukan perjalanan KA dan tiket akan dilakukan pengembalian bea 100% di luar bea pesan serta disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut," jelas Eva.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN