Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Presiden Joko Widodo membuka Indonesia International Motor Show secara daring di Jakarta, Kamis (15/4/2021). Sumber: BSTV

Presiden Joko Widodo membuka Indonesia International Motor Show secara daring di Jakarta, Kamis (15/4/2021). Sumber: BSTV

Kebangkitan Industri Otomotif Jangan Sampai Terganggu Covid-19

Kamis, 15 April 2021 | 12:00 WIB
Lenny Tristia Tambun

JAKARTA, investor.id  – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan kebangkitan industri otomotif jangan sampai terganggu karena adanya kenaikan kasus aktif Covid-19. Mengingat saat ini purchasing order hingga 190%.

Demikian disampaikan Jokowi saat membuka pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2021 secara virtual di Istana Negara, komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (15/4/2021).

Berdasarkan laporan yang diterimanya dari Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, ada kenaikan purchase order di dunia otomotif sebesar 190%. Artinya, industri otomotif sudah bangkit kembali.

“Tadi sebelum masuk ruangan ini, saya dapat laporan dari Menperin, ada kenaikan untuk purchase ordernya 190 persen. Artinya  harus inden, artinya yang memproduksi ini kewalahan, artinya lagi industri otomotif sudah bangkit kembali,” kata Jokowi.

Tidak hanya itu, Kepala Negara juga mendengar purchasing manager index (PMI) sudah berada di angka 53. Sedangkan dari Bank Indonesia (BI), PMI sudah berada di angka 55. Padahal sebelum pandemi, pada keadaan normal, PMI Indonesia berada di angka 51.

“Justru sudah melompat naik di atas kenormalan,” ujar Jokowi.

Kondisi ini, lanjut Jokowi harus dijaga dengan baik sehingga kebangkitan industri otomotif tidak terganggu lagi karena adanya kenaikan kasus aktif Covid-19 di Indonesia.

“Ini harus betul-betul kita jaga, agar kebangkitan di industri otomotif ini jangan sampai terganggu lagi karena pandemi Covid-19 naik. Banyak negara lain sudah turun, anjlok Covidnya, tapi tidak bisa jaga, waspada, tidak hati-hati, kemudian meloncat naik lagi. Ini yang kita jaga,” jelas Jokowi.

Lebih lanjut Jokowi memaparkan kasus harian Covid-19 yang mencapai sekitar 13-15 ribuan. Bahkan dalam tiga minggu ini, kasus harian Covid-19 di Indonesia sudah berada di angka 4 hingga 6 ribu kasus.

“Naik turun berada di situ. Ini yang harus kita jaga dan kita tekan. Angka kesembuhan kita juga sudah mencapai di atas 90%, yakni 90,5%. Jauh di atas rata-rata dunia, juga jauh di atas rata-rata Asia. Ini juga yg harus dijaga,” tegas Jokowi.

Oleh karena itu, sambung Presiden, pemerintah berharap kapasitas produksi industri otomotif dalam negeri dapat ditingkatkan.

“Sekali lagi pemerintah berharap kapasitas produksi industri otomotif dalam negeri dapat ditingkatkan, dengan pemakaian kandungan lokal yang semakin tinggi, dan juga bukan ngurus pasar dalam negeri tapi bergerak ke pasar-pasar ekspor. Saya lihat peningkatannya sudah baik tetapi kita ingin ditingkatkan lagi,” ungkap Jokowi.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN