Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kolaborasi Kadin dan Hipmi Jabar bersama Menjadi Nyata dan Modal Saham dalam mengembangkan Startup Daerah.

Kolaborasi Kadin dan Hipmi Jabar bersama Menjadi Nyata dan Modal Saham dalam mengembangkan Startup Daerah.

Kembangkan Startup Daerah, Hipmi dan Kadin Jabar Jalin Kolaborasi Bersama Menjadi Nyata dan ModalSaham

Senin, 21 September 2020 | 11:56 WIB
Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Pada tahun 2019, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi mencatat, terdapat sebanyak 56 dari 396 perusahaan perintis berbasis teknologi, atau yang dikenal dengan sebutan startup, berasal dari Jawa Barat.

Fakta tersebut menjadikan Jawa Barat sebagai provinsi yang paling pesat dalam memanfaatkan perkembangan teknologi untuk membangun usaha baru. Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta berada di peringkat ke-2 dengan pertumbuhan 39 startup, sedangkan Jawa Tengah di posisi ke-3 dengan 35 startup. Adapun Jawa Timur dan DKI Jakarta di peringkat ke-4 dan ke-5 dengan 34 dan 15 startup.

Berdasarkan latar belakang tersebut, startup inkubator online yang digagas oleh Erendi Digital Labs, perusahaan yang bergerak di bidang riset dan pengembangan teknologi, dan didukung oleh ModalSaham, perusahaan investasi yang berkonsentrasi pada investasi di UKM dan startup di Indonesia, tertarik untuk melakukan roadshow virtual, berupa webinar, “Menjadi Nyata Talks”, di beberapa kota di Jawa Barat, yakni Sumedang, Bogor, Bandung, Bekasi, dan Garut, dengan tujuan mendapatkan 5 startup terbaik yang berhak mengikuti program inkubator online Menjadi Nyata dan mendapatkan fasilitas 3M, yaitu Money, Mentoring, dan Market Access.

CEO ModalSaham sekaligus VP Menjadi Nyata, Muhammad Reza Alkhawarismi mengatakan, perkembangan startup di daerah tidak terlepas dari peran para stakeholder. Salah satunya adalah organisasi pengusaha yang bergerak di bidang perekenomian, seperti HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) dan KADIN (Kamar Dagang dan Industri Indonesia) yang memiliki badan pengurus di daerah, sebagai penyalur aspirasi pengusaha daerah dan juga penyalur informasi kebijakan pemerintah kepada dunia usaha di daerah.

"Harapan saya, kita semua dapat berkolaborasi sehingga dapat menemukan potensi startup terbaik yang dapat memecahkan banyak masalah, tidak hanya dari Jawa Barat, tapi juga di daerah lain di Indonesia”, ujar Muhammad Reza Alkhawarismi yang juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Umum HIPMI PT BPD Jawa Barat, periode 2015-2019, pada salah satu acara roadshow webinar, “Menjadi Nyata Talks”, dengan topik “Peran Organisasi Pengusaha dan Penyedia Akses Permodalan utnuk Perkembangan Startup di Daerah,” yang dikutip dari keterangan tertulis, Senin (21/9/2020).

Sementara Ali Rahman Angkawidjaja, Komite Tetap Kehutanan KADIN Jawa Barat, mengatakan bahwa startup akan menjadi engine untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia dan sudah dibuktikan oleh banyak data.

“Saya berharap Menjadi Nyata sebagai inkubator startup dan ModalSaham sebagai fasilitator pendanaan startup, sudah memiliki big data mengenai startup, sehingga dapat bekerjasama dan bisa saling sinergi dengan KADIN Jabar yang pada akhirnya bisa saling memberikan ruang untuk bertumbuh”, tambah Ali.

Hal senada juga diungkapkan oleh Surya Batara Kartika, Ketua Umum HIPMI BPD Jawa Barat, menurutnya, Menjadi Nyata dapat menjadi contoh hub dimana idealnya seluruh stakeholder dapat saling kolaboratif, dan membangun ekosistem bersama, ini dapat menjadi ekosistem yang sangat sempurna untuk startup.

"Saya pikir dari acara ini benang merahnya sama, semangatnya sama, HIPMI Jabar sangat siap jika ada kolaborasi ke depan dengan Menjadi Nyata dan ModalSaham”, tutupnya.

Editor : Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

BAGIKAN