Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Indonesia akan Menjadi Kiblat Fesyen Muslim Dunia 2020

Indonesia akan Menjadi Kiblat Fesyen Muslim Dunia 2020

Kemendag Dorong Indonesia Jadi Kiblat Fesyen Muslim Dunia

Jumat, 12 November 2021 | 08:53 WIB
Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyampaikan, ‘Embracing Jakarta Muslim Fashion Week’ pada 18 November 2021 mendatang akan semakin  memperkenalkan posisi Indonesia sebagai pusat fesyen muslim dunia.

Mendag Lutfi menilai, industri fesyen muslim Indonesia yang tumbuh pesat semakin  mengukuhkan posisi Indonesia sebagai salah satu pemain besar di industri fesyen muslim global.

“Kami ingin bersama-sama memotret kekuatan pasar fesyen muslim Indonesia agar dapat diekstensifkan menjadi pilar ekonomi Indonesia di masa depan. Tugas Kementerian  Perdagangan adalah sebagai agregator semua pemangku kepentingan untuk menciptakan Indonesia sebagai kiblat fesyen muslim dunia,” kata Mendag Lutfi dalam  konferensi  pers  ‘Kick-OffEmbracing Jakarta Muslim Fashion Week’, Kamis (11/11/2021).

Menurut Mendag Lutfi, pihaknya memiliki tugas untuk menyatukan para pemangku kepentingan seperti pelaku usaha, industri, akademisi, asosiasi, hingga desainer agar dapat berkolaborasi untuk mengukuhkan kekuatan pasar fesyen muslim Indonesia.

Dia menambahkan, urgensi membangun ekosistem industri fesyen muslim lokal adalah mendukung pelaku usaha fesyen muslim Indonesia, yang sekitar 90 persennya merupakan usaha kecil dan menengah (UKM), untuk mendapatkan daya tawar yang lebih baik di pasar global. “UKM sulit bersaing di pasar internasional jika berjalan sendiri-sendiri. Untuk itu, kami  ingin mengumpulkan semua pemangku kepentingan dalam satu naungan ekosistem, sehingga Indonesia memiliki daya tawar yang lebih baik dalam hal ekspor,” ungkapnya.

Sebagai catatan, The  State  of  Global  Islamic  Economic  menyatakan,  konsumsi  industri fesyen muslim  di  Indonesia mencapai  US$  21  miliar  dan  pertumbuhan  rata-rata  18,2% per  tahun. Hal ini menjadikan pasar fesyen muslim Indonesia sebagai yang terbesar kelima di dunia setelah Iran, Turki, Arab Saudi dan Pakistan. Hal ini memperlihatkan kalau Indonesia  memiliki peran penting sebagai konsumen fesyen muslim dan punya prospek yang besar dalam mendominasi distribusi produk fesyen muslim secara global.

Embracing Jakarta Muslim Fashion Week sendiri merupakan hasil kolaborasi Kementerian Perdagangan dengan Indonesia Fashion Chamber  (IFC) serta Kamar Dagang dan Industri  (KADIN) Indonesia.

Acara ini akan dilaksanakan di Aquatic Stadium Gelora Bung Karno,  Jakarta pada Kamis. (18/11/2021). Embracing Jakarta Muslim Fashion Week akan menampilkan peragaan busana dari  39 merek fesyen muslim Indonesia. Selain itu, akan ada booth dan mini showcase dari beberapa merek kosmetik Indonesia yang bersertifikasi halal,  di antaranya PT Mustika Ratu, Tbk dan  Wardah.

 

Editor : Mashud Toarik (mashud_toarik@investor.co.id)

Sumber : PR

BAGIKAN